Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Juli 2014, Rangkaian Mengusahakan Masa Depan

Monday, July 21, 2014
Ini adalah bagian dari cerita mengupayakan masa depan, dengan tokoh bernama Rahma (nama sebenarnya) dan tokoh-tokoh lain yang juga nama sebenarnya. Karena nama Bunga udah terlalu mainstream.


13 Juli 2014, 02.30 di kosan Nisa di Pasteur
Gw ngulet-ngulet sambil mengerjap mata. Disergap rasa ngantuk yang belom lunas ditambah dinginnya Bandung bener-bener tantangan buat bangun jam segitu dan.... harus MANDI. Iya mandi, kegiatan yang mengharuskan badan terguyur air, membangunkan syaraf-syaraf ngantuk tanpa kompromi. Hari ini adalah hari besar, bagian dari serentet cerita mengusahakan masa depan. Aih, gw suka banget kalimat barusan. Gw harus ke Bogor, jauh-jauh, demi tes TPA di IPB buat ngurus syarat daftar beasiswa. Skor yang diminta adalah 550 dan skor TPA yang gw punya cuma 520 well yeah itu udah sangat alhamdulillah karena rasanya abis ngerjain TPA kepala bener-bener berasap. Sambil senyam-senyum sendiri inget buka puasa semalem, salah satu upaya menghangatkan suhu ruangan (ngga ngaruh pula kenyataannya), gw sahur, memaksakan makanan masuk karena gw butuh energi ekstraaaa buat mikir yeaahhh *gaya Bejita :3

Jam 3.30 gw udah duduk cantik di lobby Cipaganti BTC, hasil jemputan bapak taksi sepuluh menit yang lalu. Eniwei gw baru tahu kalo tarif minimum Blue Bird naik jadi 35.000 which is so mahal buat jarak yang seuprit gitu, yang aslinya argo cuma menunjukkan 13.000. Tapi sungguh, masa depan bener-bener layak diperjuangkan, dan bayar taksi mihil pagi buta salah satu caranya. Gw akan naik travel jam 4.00 yang udah dipesen dari dua minggu sebelumnya. Ini salah satu perjalanan jarak dekat paling terencana. Iya, apalagi kalo bukan karena gamau repot di detik-detik terakhir hahaha.

Lalu Rahmanya tidur sepanjang perjalanan, bangun-bangun udah mau keluar tol Bogor.....

06.45, sekitaran IPB Baranangsiang
Kombinasi dateng kepagian, kuatir mules pas tes karena mandi kepagian, dan sendirian. Ciamik! Nooo, I was really not that desperate kok, I'm totally fine. Hal-hal ngga terduga selalu berhasil bikin lebih bahagia, dan pergi sendirian salah satu caranya. Tes dikerjakan dengan khusyu, selain karena tempat tesnya nyaman, gw juga udah tahu triknya, ngga blank kaya pas tes pertama walaupun dari segi latihan soal tes kedua ini ngga lebih well prepared dibanding yang pertama. Optimis! Lalu keluar ruangan disambut hujan gerimis. Melengganglah gw menuju terminal dan langsung nyamber bus pertama yang siap meluncur ke Bandung. 

16 Juli 2014
Setelah beberapa hari terakhir agak cuek sama hape, khusus hari ini ada sesuatu yang sangat gw tunggu-tunggu. Tiap bunyi ada SMS, langsung ngeceknya sambil melotot. Eng ing eeng, SMS yang ditunggu datang juga. Skor gw udah keluar iyey! 643,5. Rasanyaaaa...... alhamdulillah, Allah tanpa pertolonganMu ngga akan skor segitu bisa didapet. Nah TPA Bappenas ini sebenernya akan dikirim hasilnya ke domisili, but it takes approx one week long. Karena buat syarat beasiswa yang maksimalnya itu besok dikumpul ke ITB, gw ngga punya pilihan lain selain meluncur ke OTO Bappenas buat ngambil langsung. Besok pagi. Lalu langsung balik Bandung secepetnya. Ngesubmit syarat beasiswa. Kejar-kejaran sama deadline fufufu.

Sambil mikir gimana caranya nemuin kantor OTO Bappenas yang ada di gedung Yarnati jl Proklamasi Jakpus itu, gw ke ITB mau ngambil cetak ulang sertifikat Toefl ITP (yang ternyata belom jadi aaaaakkk noooo!!) akhirnya gw ke Annex, bagian registrasi maba buat minjem sertifikat Toefl yang udah gw kumpulin buat daftar kemaren, gw scan dan gw fotokopi warna. Lagi-lagi Allah nunjukin kuasaNya, bapak petugasnya baiiiiikkkk aneeeeutttt. 
"Pak buat syarat beasiswa dikumpul maksimal besok jam berapa ya?"
"Jam 12 siang."
"Hmm..Pak, saya kan tes lagi TPAnya, nah besok harus ngambil dulu ke Jakarta. Kayanya kalojam 12 ngga kekejar, boleh agak sorean ngga pak?"
"Yaudah, jam 3 ya. Tutupnya jam 3."

Rahmanya langsung ngebut menuju kampus ngurus syarat lain, perjanjian dosen tetap sama kampus.

Nyampe kampus gw langsung ke ruang sekretaris Warek II tempat gw ngasih surat buat ditandatangan. Ternyata.... suratnya masih utuh dan bersih. Demi deadline, gw ke bu Warek II dan ngejelasin duduk perkaranya, dan ttd pun didapat. Belom selesai, gw masih harus ke Rektor karena ttd perjanjiannya harus sama Rektor. Pak Rektornya udah masuk ruang rapat aaaakkk. Alhamdulillahnya sekretarisnya mau nyusulin ke ruang rapat karena gw bilang ini urgent. See? Allah ngasih kemudahan dan pertolongan bertubi-tubi setelah sebelumnya gw ngurus surat lewat Kaprodi, Wadek, dan berjenjang-jenjang di SDM yang juga walaupun bolak-balik berkali-kali, dibantu oleh orang-orang baik yang Allah kasih.

Oke tinggal TPA yang harus gw ambil sesegera mungkin besok. Bismillah..

17 Juli 2014
Setelah sekian lama, ini adalah salah satu hal yang pengin banget gw dapet. Kaya kata Siti pas ngerjain TA 2012 lalu "Ini hal pertama yang Iti pengen banget capai setelah dulu pengin masuk jurusan blabla (lupa) abis lulus SMA, karena setelah lulus kuliah ini Ti boleh nikah." Everyone has their own reason to do things, and I strongly believe when we start from the WHY, what we do next will be more directive. 

Nongkrong jam 5.30 di Baraya Surapati nungguin travel jam 6.15 sendirian sambil ngutak-utik hape yang aslinya ngga diapa-apain dan berakhir baca Al Ma'tsurat karena berharap mendapat berkah dan kemudahan dengan mengawali hari dengan sesuatu yang baik, mengingat Allah.

Gw udah search Google maps tentang lokasi Jl Proklamasi, ternyata ngga jauh dari Cikini, trayek travel yang gw ambil. Cikininya dimana dan ke OTO naik apa? Mari kita pikirin nanti :3 Daripada baca peta, gw lebih milih nanya orang, yaa dengan risiko nyasar-nyasar sih. You know, I really really am bad on reading maps *sigh.

Berbekal petunjuk dari ibu-ibu sebelah gw di travel, jam 9.30 gw turun di perempatan antah berantah dan jalan kaki karena katanya deket. Eh taunya salah arah, harusnya lurus gw malah belok kiri. Untung ada tukang ojek baik hati yang mau nunjukin jalan walaupun gw ngga naik ojeknya. Yak... jalan kaki berlanjut, setelah 500an meter dan tiga kali salah masuk gedung, akhirnya gw sampai ke gedung Yarnati tempat OTO Bappenas berada. Hasil diambil, dan keluar lagi. Yaampun proses ngambil hasil ini ngga nyampe 5 menit lah. Lalu gw melesat ngadang bajaj di depan gedung, berharap bisa lebih hemat daripada taksi.

Bajaj tak kunjung datang ngg ngg... Gw melambai NO NO NO ke taksi Blue Bird yang udah berhenti di deket gw, sambil ngebatin dengan geer "Wih si taksi tau aja gw butuh angkutan, tapi gak ah mihil." Ngga taunya taksinya bukan nungguin gw tapi lagi ngeliatin orang yang (kayanya) nyetop duluan. Sakitnya tuh...di siniiiiiiiiiiiiiiiiiii :(

Hah sekarang ngga boleh geer-geer lagi. Maluk. Akhirnya gw nyetop bajaj yang jalan pelan-pelan, gw jelasin gw harus kemana. Akhirnya setelah agak bingung sama alamat yang gw kasih, gw pun nyampe di pool Baraya. Bajajnya baikkkkk dan helpful banget. Pertolongan Allah datang bertubi-tubi. Gw pesen travel tercepat yang ternyata jam 10.15 dengan supir yang sama dengan yang nyetirin travel berangkat barusan. 
"Loh teh, udah mau ke Bandung lagi?" tanya si supir dengan ekspresi kaget.

And leksgooooo! Gw duduk selonjoran di belakang karena kosong, harap-harap cemas sambil berhitung perkiraan waktu. Kenyataan berkata lain, jam 13.00 posisi masih di Bekasi. Ya Allah toloooong :""" Gw sampe nangis di jalan karena bingung dan kuatir keburu tutup. Setelah dzikir Allahumma yassir wa latu'asiir sepanjang jalan, jam 14.50 travel keluar tol Pasteur. Ya, it was Baraya day! 9 jam naik travel rasanya bener-bener mual pengin muntah dan cenut-cenut.

Gw berhitung cepat, kalo ikut sampe pool Surapati lalu ambil motor lalu ke ITB, ngga akan kekejar. Akhirnya gw turun di Pasteur dan nawar ojek ke orang yang ternyata bukan tukang ojek. Maygadd dodol kok ya ngga abis-abis. Lalu bertemulah gw dengan tukang ojek asli yang gw pesenin kalo gw butuh ngebut. Ternyataaaa... beneran ngebutnya ngga main-main, gw merinding sendiri duh duh duh. Alhamdulillah, loket emang udah tutup tapi bapak Annex yang baik hati masih ngebolehin gw nyerahin berkasnya. Berkas diserahkan, dan gw minta dianter ke pool Baraya buat ambil motor, kali ini pelan-pelan aja ngga usah pake ngebut. But yes, the good thing is, kalo ojeknya ngga beneran ngebut, ntah bapak petugas Annex udah pulang atau belum. Lagi, Allah menunjukkan kuasaNya.

Buat gw, dapet beasiswa ini seperti bukan pilihan tapi keharusan, atau semacem pilihan yang harus berhasil. Gimana engga, adek gw masuk UI tahun ini dan uang semesternya juga ngga murah, udah segede ini masa masih mau minta mulu buat bayar kuliah. Selain, siapa tahu Allah kasih rejeki jodoh sebelum lulus, in syaa Allah adanya beasiswa ngga akan memberatkan beliau walaupun beliau bisa jadi udah tahu risiko nikah sama anak kuliahan. Aih, beliaaaau :3 :3 :3

In life, kita sering banget dihadapkan pada pilihan-pilihan sulit yang bikin kita hampiiiirr aja memilih buat nyerah. Gw sendiri percaya, barangsiapa menyerah ia kalah. Usahakan dulu, kalaupun hasilnya belum sesuai harapan, kita bisa mundur dengan terhormat tanpa ada penyesalan. Gw selalu diajarin Bapak buat ngga berandai-andai ah coba dulu gini, coba waktu itu gitu dsb. Coba, kalo gagal yaudah, gw ngga akan nyesel karena belom nyoba. Gw juga percaya banget sama janji Allah Mudahkan urusan orang lain maka Allah akan memudahkan urusanmu. Bener-bener, Allah sesuai prasangka hambaNya :)

Usaha sudah dimaksimalkan, tinggal tawakal apapun hasilnya nanti. Masa depan, seperti apapun hasilnya nanti, selalu layak untuk diperjuangkan. Ngga lupa, makasih buat semua pihak yang bersedia direpotin. Allah Maha pemberi balasan terbaik :)

Salam, 
Rahma Angsajenius
2 comments on "Juli 2014, Rangkaian Mengusahakan Masa Depan"
  1. Insya Allah Dapat Rahma.... Semoga dimudahkan jalannya.

    Kenapa Rahma gak coba apply ke Australian Award juga, saya yakin Rahma bisa bersainglah di Australian Award

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah dilancarkan mbak..
    Saya juga ikut TPA yang sama sepertinya di IPB.. tapi toefl saya belum memenuhi jadi mdh2an tahun dpn bisa memenuhi.. aminn

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9