Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Home Education Afiqa: Preparation

Friday, October 20, 2017
Apa bedanya ketika ibu di rumah sama engga? Waktu interaksi anak sama ibunya lebih banyak, jelas. Buat gw, there has to be something different ketika gw di rumah bisa mendampingi Afiqa secara penuh. Dan salah satunya yang gw targetkan adalah perihal home edu Afiqa. Sejak dulu, karena terlahir dari keluarga guru, ngga pernah terbersit sekalipun buat nge-homeschool anak sendiri, tapi mindset gw berubah setelah punya anak, baca sana sini, belajar lagi, dan ikut seminar tentang home schooling yang diadain IIP Bogor. Waktu itu pengisinya mba Mira Julia, founder Rumah Inspirasi. Seketika wawasan gw terbuka bahwa home schooling bisa dilaksanakan siapa aja asal ada niat dan konsistensi. 

Biasa tuh sindrom orang abis seminar kan pulangnya langsung menggebu-gebu 😂 gw pun ngga terkecuali. Sampe rumah langsung cari info home schooling anak usia 1 tahun. Btw gw akan menyebutnya home education ya bukan home schooling. Yang gw dapet dari berbagai sumber, anak setahun cukup berpatokan ke milestone, susun aktivitas ngikutin milestone aja. Kalo milestone tersebut udah tercapai, bebaskan anak main apapun.

Lalu bikinlah gw agenda home edu Afiqa yang sophisticated 🤣 Lalu? Lalu sudah, berakhir di kertas aja. Karena target dan agendanya terlalu muluk-muluk, gw jadi banyak excuse. Hffffftttt.........

Akhirnya hari ini memantapkan hati memulai lagi dari awal. Gw nyontek agenda bermain dari buku Rumah Main Anak-nya mba Julia Sarah Rangkuti, simple dan aplikatif. Gw tulis ulang agendanya supaya lebih kokoh niat pelaksanaannya. Laluuu..... eksekusi perangkat main hari pertama langsung saat itu juga. Gw kuatir makin ditunda, males datang lagi melanda ☹️




Sesungguhnya yang terberat dari home edu bukanlah saat penyusunan kurikulum dan agenda main, melainkan konsistensi pelaksanaannya. Doakan gueeee! 🙏🏻

Agenda mainnya in syaa Allah akan diposting secara rutin, ini juga semoga istiqomah postingnya 😂
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9