Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Belajar Logika dari DIY Magnetic Fishing

Friday, November 24, 2017
Haiii jumpa lagi dengan ibuk Afiqa di siniii 😆😆

Hari kedua buat nemuin ada matematika apa yang bisa diajarin ke Afiqa dari kegiatan hari ini, daaan it was sho much fun! Afiqa lagi ceriaaaaaa banget. Bangun pagi ngga nangis, main ceria dan enerjik, maem lahap tanpa drama, dibacain buku antusias banget, bobo lama sehingga gw bisa baca puluhan halaman buku, ampe tidur lagi juga moodnya bahagia di atas awan. Buat ibu-ibu, mendapati anaknya cerah ceria tanpa mendung seharian itu sungguh surgaaaa ❤️

Agenda home edu Afiqa hari ini adalah mancing maniaa mantap! 😂 Pas banget deh sama challenge bunsay buat nemuin matematika di sekitar kita, jadi bisa beririsan pelajarannya. Hari ini gw ngajak Afiqa DIY main magnetic fishing toy yang gw bikin tadi malem, ada enam ikan dengan tiga macem warna. Gw juga bikin DIY sorting paper biru dan merah. Tapi kegiatan memilah atau basic sorting ini belom bisa Afiqa ikutin, jadi gw coba lagi matematika lain yang lebih gampang (menurut gw).



Btw postingan igstory DIY magnetic fishing toy ini banyak diketawain temen-temen 😂 Yes I know they’re ugly hahaha. Tapiii gw baca somewhere, lupa deh dimana, anak itu ngga butuh bagus-bagus amat loh. Karena imajinasi mereka masih sangaaaatt bebas. Bikinin aja mainan DIY yang lagi dia suka, mau jelek kaya apa juga, anak bakal seneng banget. 

See? We learn from our children to value something not by their looks, but their intention.

DIY magnetic fishing ini gw bikin karena Afiqa sukaaa banget sama ikan, jadi gw mikir wah kayanya lagi fase kritis belajar soal ikan nih. Nah selain ngomong berulang-ulang bahwa ikan itu hidup di air, ikan itu ciptaan Allah, dari mainan ini kita bisa ngajarin anak tentang:
  • Sebab akibat. Ketika ujung tali pancing dideketin ke ikan, ikannya nempel. Sebab akibat ini penting banget dipahami anak, ngga cuma buat matematika tapi juga buat logisnya sehari-hari. Anak harus paham jika A diginiin maka jadi A1, jika digituin maka jadi A2. Jika ujung pancing deket ke ikan, ikan nempel. Jika jauh, ikan ngga nempel.
  • Sorting. Oh ini ikan warna merah, ini biru, ini hijau. Sorting atau memilah berdasarkan karakteristik ini belom bisa Afiqa ikutin sih, but that’s totally okay. My daughter is 16m anyway ❤️
  • Berhitung. Ini sih gw aja yang ngulang-ngulang “Ikannya ada berapa naak? Yuk hitung sambil kita ambil dari pancing. Satuu duaaa tigaa. Ooh tiga yaa wahh.” Afiqanya cuek-cuek aja sambil mainin ikan yang nempel ke pancing.
Yuk buk ibuk lebih peka sama aktivitas kita membersamai anak, karena dari sana bisa kita tumbuhkan kecintaannya pada ilmu matematika 🙂


Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9