Belajarnya Orang Hebat

UAS udah beres, tugas besar besar udah beres, semuanya beres, artinya liburan dateng, dan jelas, nilai kuliah dateng! Yak, NILAI KULIAH dengan indeks A B C D E atau T.

Well mungkin banyak dari kalian yang nilainya semua sesuai harapan, dan yakin, pasti beberapa dari kalian ada yg kesandung di matakuliah tertentu.
Contoh : mahasiswi IT Telkom jurusan Sistem Informasi, sebutlah Bejo, baru aja ngeliat nilainya kaya gini :

1. Object Oriented Programming B genduuutt asli *kurang 0,6 jadi A*
2. Perilaku Organisasi A
3. Basis Data B
4. Manajemen Pemasaran A
5. Jaringan Telekomunikasi B

dengan penuh penyesalan, Bejo, sang mahasiswi yang agak kurang beruntung bersedih hati krn ekspektasinya Jartel dan Basdat dia bisa dapet A.

*ok, sepertinya kalian tau ini curahan hati gw dengan nama samaran hahahaaa..

Nah, sebenernya si Bejo ini, kalo mau jujur, emang sadar kalo usaha dia buat dapet hasil terbaik masih jauh kurang. Belajar cuman sehari sebelum UAS dan gak pernah nyicil sebelum-sebelumnya. Dan ini masalah!

Berdasarkan wawancara lewat private message (pm) dengan beberapa orang, ini hasil jawaban mereka.

Fitra Zuniansah, mahasiswa HS Wismar Jerman jurusan Komunikationtechnik yang juga masih sodara gw.
Bejo (B), Fitra (F)
B : Belajar itu sepenting apa?
F : Belajar itu penting banget, tanpa belajar we're nothing.
B : Butuh berapa jam per hari buat belajar?
F :  Kalo waktu belajar si, 24 jam itu waktu belajar karena gak cuman belajar materi kuliah aja, banyak hal yang setiap detiknya perlu kita ketahui.
B : Motivasi terbesar buat mas Fitra tetep belajar?
F : Soal motivasi belajar kenapa bisa tinggi, motivasi terbesar tu dari orangtua dan keinginan dari diri sendiri buat jadi lebih baik, kan ilmu ga akan ada matinya sampe kamu mati.
B : Yang paling penting nih, gimana cara mas Fitra belajar? signifikan ga sama hasilnya?
F :  Cara belajar untuk kuliah misalkan, bulan depan ada ujian misalkan, alangkah baeknya kalo kita udah bisa mengerti tema untuk ujian bulan depan. Artinya kita pasti akan lebih siap. Lebih baek tiap harinya satu kata belajar dari pada tidak sama sekali. Yang jelas semaksimal mungkin, biasanya mas Fitra jg tidak tidur semaleman, maksudnya selama itu ada something yang mesti mas bisa dan belon bisa mas Fitra yah terus cari. dan hasilnya itu terkadang sesuai yang kita harapin, dan terkadang juga bertolak belakang. tapi at least kita udah usaha semaksimal mungkin, walaupun itu hasilnya gagal bukan kesalahan dari kita pastinya.tapi emang Allah punya rencana laen...so tetep positip thinking tetep terus gali dan gali itu Allah punya ilmu. insyaALLAH ga ada yang sia2...amien


Dimas Ramadhan Abdillah Fikri *panjang banget dah ni nama haha* yang pernah ikutan IChO *olimp kimia internasional dan dapet medali *lupa medali apa haha* kalo ga salah perunggu deh, sekarang kuliah di Teknik Kimia ITB.
pertanyaannya sama ma yang Bejo-Fitra.
D : tergantung konteks: kalo belajar yang mpe malem buka buku ampe berjam-jam, itu gak penting. Tapi kalo belajar tiap diajarin dosen ato ngulang pelajaran itu penting.

D : aku belajar ketika aku bangun :)

D : motivasinya: belajar itu asyik dan menyenangkan, apalagi kalo dapet ilmu baru, ilmu apapun itu. Soalnya aku belajar buat tau, bukan buat lulus ujian ato menang lomba.

D : gak ada cara terbaik dan cara terburuk, tergantung tipe. Kalo aku belajar sambil main gitar :p








Rianda Sulistyaningrum a.k.a Intan, mahasiswa University of Melbourne yang gw kenal pas seleksi masuk SMA.

I : Belajar itu penting bangett, lebih penting lagi belajar sesuai minat sama cita-cita. Trus kalo belajar jangan cuman teori doang, tapi praktiknya juga. Selain itu banyak hal juga ttg kehidupan yg wajib dipelajari.

I : Tiap orang punya cara belajar yg beda-beda. Teknik belajar pun ada banyak, tergantung kecenderungan masing-masing. Ada orang yg visualnya bagus, belajar pake diagram, gambar-gambar, atau skema. Ada juga yg baca aja cukup, atau meringkas, bikin kartu-kartu notes, ngerjain soal, dkk, ada jg yg audionya lbih bagus. Misalnya dengerin rekaman lecture (dsini kuliahnya direkam audionya, bisa diliat, didonlod, n dmasukin ipod lewat portal, hahahaha!) nahh, klo aku pribadi sihh, aku jrg belajar rutin. Aku belajar tergantung mood. Kalo ga mood yaa gak aq paksain. klo lgi mood, baru dehh :) Biasanya sih aku belajar kalo udah deket-deket mau exam. Tapi krn dsini banyak assignment online yg mesti dikerjain tiap minggu or beberapa minggu, pre'lab online, n lab, serta tutor, jadi yahh, sadar ga sadar revise juga minimal seminggu 3 kali (coz aku pny 3 pract) gitu dehhh.....

I : Motivasi belajar : waduuuuhhh.. ga da yg specific sihh. Standar-standar kayak tiap orang. Cuma yahh, kalo aku sihh eman-eman aja duit sekolahnya kalo ga dimanfaatkan. Meskipun yahh, jujur aja aku disini banyak bangedd skip.. hahahaha! tapi prinsipku sihh boleh or terserah aja mau dateng lect or tutor apa gak. Cuma yaa harus konsekuen. Harus bisa, harus ttp lumayan (bagus) nilainya. aku belajar bwt diriku sendiri sihh. Boong bangedd kalo bilang belajar bwt ortu. bljr itu hak n kewajiban diri sendiri, tohh manfaatnya diri sendiri jg yg dapet. kalaupun dng ilmu yg kamu dpt itu kamu bisa bantu ortu, masyarakat, n bangsa malah lebih bagus lagi. Yg paling penting sih sesuai dng prinsip (agama). efek domino yg bagus lahhh :))

I : hehmm... alhamdulillah siih lumayan-lumayan aja. klo aku serius, yahh, dapet bagus. kalo biasa-biasa aja, yahh, plg cuma lumayan. tergantunglah.. hehehehehehe :))
*waaww jawabannya Intan mantebb!!*


Ratih Chandra Pertiwi, sahabat ter-ter-terr gw yang paling jenius cerdas dan selalu 3 besar di aksel, diterima di 5 perguruan tinggi terbaik Indonesia dan akhirnya terdampar di STAN *cepeto lulus Teh, ku tunggu makan-makan gaji pertamamu ^^ * nah, yang satu ini paling beda ni, gw baru bisa dapet jawaban setelah smsan sambil ngerayu Ratih sampe pegel *padahal sms haha*

Oiya, karena ga nemu foto si Ratih, alhasil ini gw ambil foto keluarganya, dan Teh *begitu gw selalu manggil dia* yang pake jilbab kuning, yg tengah itu mba Fika, kakaknya Teh, yg jilbab putih, jelasss ibunya Teh.
Ok, hasil interogasi gw sama Teh.

B : teh motivasi belajar kamu apa?
T : haha, motivasi belajar jelaslah, nambah ilmu pengetahuan, buat ngertiin yg belom ngerti, biar gak plonga-plongo (hha, entah kenapa geli ama kata ini) pas ujian atau pas sekedar ditanya dosen sama temen, memfungsikan otak biar gak nganggur dan menurun kapasitas memorinya, trus dengan pengetahuan yg kita miliki, syukur-syukur bisa buat bantu mencerahkan orang lain.
B : Gaya belajarmu masih sama ma pas SMA? setengah sadar sambil tidur dan ngedadak?
T : Yah, getting worse malah, kadang ga terlalu aware sama apa yg disampein dosen di kelas, ujung-ujungnya jadi belajar sendiri pake modul dalam semalem bahkan sepagi. Mungkin krn aku dasar ga suka semua mata kuliah itu jadi ga tertarik buat tau lebih dalem tentangnya. Imbasnya, belajar sekenanya, dan seolah belajar saat itu cuma biar bisa tetep survive di STAN, dalam artian tetep aman dengan ga DO. Jadi, walaupun gak suka tetep harus dipelajari krn emang ini ygku adepin sekarang dan tetep berusaha cinta sama semua matkul itu..
B : itu belajarnya rutin?
T : Ujian aja, kuis pun kadang belajar pas-pasan banget, parah lah belajarku di STAN ini, serasa gak niat. Padahal aku nyadar, banget, ini tuh gak bener. Buat hasil si ga terlalu mengecewakan, masih di range lumayan lah, walaupun ga tinggi-tinggi banget.
B : Waahh senasib lah kita Teh..
T : Iya, jadi bisa diibaratkan kehidupan akademisku baru dimulai pas minggu-minggu menjelang ujian, sisanya lebih fokus ke organisasi sama maen, hhehee..
B : Wah, manteb! sama lagi ternyata kita Teh!

Ternyata si Bejo senasib sama Teh :D


Yak, jadi kesimpulannya, sebenernya semuanya tergantung niat kita! kan udah gw bilang kemaren, sukses atau egak, itu pilihan  kita! Yang penting, belajar tetaplah belajar dan manusia diwajibkan untuk itu. kan kata Rasulullah "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina." which means kita wajib nyari ilmu sebanyak-banyaknya, jauh sekalipun, dan Allah bakal mengangkat satu derajat orang-orang uyg berilmu.




3 comments:

  1. oooohhhh..aku baru baca iniiii
    wohohohohohoo
    makasih..bangga juga diupload
    kapan-kapan main ke blogku ya
    nggak bagus sih..isinya galauan doank
    tapi itu buah pikiranku
    catalystro.wordpress.com
    terus menulis!!

    ReplyDelete
  2. ahahaaa..kirain udah tau dulu :D
    makasih juga udah meluangkan waktu tracing blogku sampe sejauh ini hahaa..

    okee..meluncur ke tkp gan, tapi besok yaa..besok quiz soalnya haha..

    keep blogging!! d^^b

    ReplyDelete
  3. keren ya belajarnya
    bisa penuh persiapan gitu
    kalo saya biasanya mepet-mepet baru belajar
    hahahaha

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!