Gampang Ngantuk? Intelegensia Menurun? Find Out Here!!

kali ini gw pengen berbagi ilmu *wihii tumben yak* yang baru aja gw dapet setelah minta wejangan dari mbah keramat Google.

Amandel.

Setiap anak pasti punya amandel karena emang diperlukan oleh tubuh. Amandel ini ni yang ada di tengorokan, kanan sama kiri. Disini gw ga akan sok-sok pinter biologi atau ilmu kedokteran apa karena sejak beres SNMPTN gw udah ga nyentuh yang namanya BIOLOGI.

  
Efek Amandel, ini yang bakal gw bahas. Kenapa? karena gw punya amandel juga sejak SD yang sering radang dan bengkak dan itu sangat sangat ga enak banget dan sakit dan susah buat ngomong! ouch..

Nah, amandel yang udah gede ini kan jelas mengganggu dan jadi penghalang masuknya oksigen pas kita nafas, padahal oksigen ini penting bangettt buat metabolisme, dan yg terpenting OTAK. Kalo udah kelewat gede ukuran amandelnya, pas tidur pun otomatis udara yg masuk ga maksimal krn jalan nafas ketutup. Akibatnya si orang yang sakit amandel ini jadi kekurangan oksigen sehingga bisa menurunkan kecerdasan.
*omg! apaan ini gw baru tau amandel bikin bodoh. Haruskah gw operasi???!!!! huwaaaa
 

Lagi, efek kurang oksigen yg masih gw inget ari biologi SMA, bikin gampangan ngantuk. Kenapa? krn menguap itu sebenernya terjadi krn tubuh kekurangan oksigen lewat nafas biasa, jadi mulut harus beraksi mengais-ngais oksigen di udara yang di sekitar kampus banyak polusinya. Nah, berdasarkan pengalaman, kebanyakan nguap bikin  ngantuk beneran, walopun awalnya cuman coba-coba nguap.


Ada lagi! ternyata amandel ini bisa jadi sarang monster!! ntar makanan, udara, es batu, vetsin, nyangkut di sarang itu sehingga kita gampang sakit, terlebih kalo kekebalan tubuh kita emang lagi jelek. Misalnya sakitnya demam, nyeri tenggorok *ini apaan ya?*, susah makan *jelas ini si karena sakit* dan yg gw rasain sendiri sakiiittnya minta ampun, buat nelen ludah aja sakit, ngomong apalagi, trs badan jadi panas, lemes dan bawaannya mau tidur mulu. Yang ini ga akan sembuh-sembuh walopun udah berobat berkali-kali, kenapa? krn emang sang monster masih bersarang di tenggorokan kita!

Jadiii, kalo lo ngerasa gampang tidur dimana-mana yang bahkan ga butuh kasur, atau lo ngerasa kecerdasan menurun, atau degradasi fungsi otak *ini kata salah satu temen gw*, waspada! jangan-jangan ada monster di tenggorokan lo yang bernama : AMANDEL.



6 comments:

  1. o iya ka? wedeee.. keren2 postingnya.. saya gampang tidur karna punya amandel, apa karna emang kebluk ya? boleh ditanya tuu.. *beneran mikir*.

    ReplyDelete
  2. wah, periksa aja tuh coba..biar bisa ditangani dg baik dan benar amandelnya kl emang ada hahahaa..

    Kebluk?? wah, bener2! kayanya saya dua-duanya deh. hhahahaa

    ReplyDelete
  3. Kangkung juga bisa bikin gmpang ngantuk,, kerasa banget soalnya, tiap hari gw makan semangkok, alhasil, luarr biasaa,,

    nb: OOP?

    ReplyDelete
  4. nice info! hehehe
    baru tahu ternyata faktor yang menghambat saya dalam bidang akademis adalah amandel (haha ALESAN lagi!)

    Tapi Biologi tuh menurut saya adalah pelajaran IPA yang paling lengkap dan menarik
    Ada gambar-gambar organ sama bagian tubuh, terus ada gambar-gambar flora dan fauna.... keren-keren semua!

    ReplyDelete
  5. @anonim : hiyeaa siapa ini siapa ini? Iya, kata orang kangkung mengandung zat yg bikin ngantuk. Wah, sukses dong tidur di kelas kl gitu. Ini Ema ya? Akbar? Salman? OOP hehehohoo..

    @tidar : haha, jangan langsung ngejudge lah, priksa dulu sono. Sukur2 kalo sehat, berarti gangguannya ada di kamunya yg ber-kebo :D
    Iyaa iya iya suka banget sama biologi!!

    ReplyDelete
  6. Ternyata oh ternyata. Perlu operasi nih gue :|

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!