Dampak psikologis Siswa Akselerasi

Sejak SMP, gw hobby ngumpulin barang-barang yg mungkin semacam "kecil" atau barang "hasil iseng", ya sebenernya bukan sejak SMP si, pas SMP lebih tepatnya, krn gw masih tinggal di rumah jadi berasa banyak space buat nyimpen barang-barang begituan.
Kertas coret-coretan pas pelajaran, kertas berisi curhatan pas pelajaran gara-gara bosen, kado-kado ulangtaun *jelas ini mah!*, kertas kadonya, kertas ucapan ulang taun, surat cinta jaman SMP, dan bahkan masih ada kertas dari sahabat gw yg isinya tulisan tangan mantan gw yg sengaja diambil sama sahabat gw itu buat dikasih ke gw padahal tadinya tu kertas mau dibuang. Beberapa draft surat yg gw bikin juga masih ada. Semuanya! Lengkap juga album foto dan diary gw selama 3 taun*ini beneran, 3 taun di SMP tiap hari emang gw nulis diary*. Bahkan ada diary Bersama triomaki, isinya tak lain dan tak bukan adalah curhatan kami berempat, TrioMaKi, mulai dari masalah OSIS, Pramuka, cowok, temen kelas, guru, les-lesan, nyari SMA, lomba, masalah yg lagi in, semuanya! Atau kalo lagi ga ada bahan, ujung-ujungnya yg ditulis semacem surat pribadi buat masing-masing orang.

All that stuffs make me miss the old moments! So miss that moments!

Mungkin ini bedanya, sebagian besar orang punya masa SMA sebagai masa terindah, tapi buat gw, masa SMP adalah masa yg tak tergantikan. Efek ngambil akselerasi? mungkin.

Gw selalu gak setuju kalo siswa aksel dibilang ga menikmati masa SMA, dibilang ga bahagia, dibilang belajar mulu kerjaannya, lalalalilili hahahaihihii. Gw ga setuju, banget!

Berdasarkan penelitian kecil-kecilan dengan hipotesis "Siswa aksel gak menikmati masa SMA.", ga terbukti tuh. Anak-anak aksel yg dibilang kerjaannya belajar mulu juga gak gw aminin, krn gw dulu, dan temen-temen gw, masih sempet melakukan banyak hal disamping belajar, yaa walaupun emang ada si yg kerjaannya belajar doang mulu. Kami menikmati masa SMA dengan cara yg berbeda. Ini yg mungkin diliat orang sebagai gak menikmati masa SMA.


Gw yakin kekeluargaan di semua kelas aksel di dunia*hihii* erat banget, karena jumlah siswanya dikit dan bisa dibilang interaksinya 70%-an cuma ke orang yg sama. Dengan kekeluargaan yg erat itu, secara internal, mereka bahagia. Internal? mereka bahagia dengan caranya sendiri. Mereka bahagia dan menikmati masa SMA mungkin ga dengan ikutan OSIS, MPK, ekskul apa lah itu lah ini lah, panitia ini lah itu lah, mungkin bukan. Dan ini ga berarti mereka ga gaul kan? heheh..
Mereka bahagia bersama komunitas kecilnya, yg ironisnya banyak dibilang sebagai autis lah, kuper lah. Mereka bahagia dengan cara yg susah dijelasin.

Dampaknya, krn mereka cuma terlibat secara akademis, ikatan batin mereka ga sekuat anak-anak yg berkesempatan ikut macem-macem ekskul. Ini baru gw sadari dua taun setelah gw lulus karena pas ada Pulang Kandang, Reuni Akbar seluruh angkatan alumni SMA 1 Purworejo. Kalo anak-anak yg lain mungkin pada sibuk ngurusin ini itu, ke SMA disempet-sempetin buat nengok persiapan, ngeliat pas acara, dsb, mungkin alumni siswa aksel ga akan sampe segitunya. Mungkin mereka biasa aja, dan motif ikutan reuni cuman buat ketemu *lagi-lagi* komunitas kecilnya. Ga bisa disalahin! Karena emang kenyataannya ikatan batin antara mereka dengan sekolah ga sebesar anak-anak non aksel.

Itu hasil penelitian amatir gw, bahwa emang akselerasi punya banyak efek samping. Tapi dengan segala jerat keterbatasan menjasi siswa akselerasi, justru dengan semua itu mereka punya kebahagiaan mereka, justru dengan itu mereka menikmati masa SMA mereka.

4 comments:

  1. saya (mantan seorang anak akselerasi)..setelah membaca blognya..mungkin gak jauh beda m yang saya rasain waktu masih SMA kemaren..like this

    ReplyDelete
  2. kayanya emang senasib deh..banyak alumni aksel juga mengamini itu soalnya hehe..
    salam kenal :D

    ReplyDelete
  3. ahahaha, setuju ma..
    itu foto kapan ya? semacam lupa punya foto kaya gitu..

    ReplyDelete
  4. ya, kami sangatt bahagia dgn kmunitas kcil kmi :)udh ky kluarga ad mami,papi, bhkan cinlok,,,hmpr g ad yg nmany bljr mlu kdang mlah karokean sma2 sblum TO, sruu bgt

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!