Hidayah Rambut Batok

"Tidak akan mencium bau wanginya surga bagi wanita yang tidak menutup auratnya dengan sempurna, jilbab" kata-kata mbah Lilik, udztadnya Flexi Trikora masih terngiang-ngiang di kepala sampe sekarang. Alhamdulillah gw udah make jilbab sejak SMA, walaupun datengnya hidayah ini bener-bener dari jalan yang gak gw duga dan gak gw suka. I'll tell ya later..

"Mencium baunya aja nggak bisa, apalagi masuknya. Ya to?" pertanyaan ini juga masih gw inget banget. Walaupun pada akhirnya Allah yang menentukan surga atau neraka, tapi apa kita, sebagai muslimah, wanita yang ngaku Islam, gak mau menjalani agama yang sebener-benernya bener? padahal simple banget cuman buat nutup aurat secara sempurna. Jujur gw sendiri belom bisa pake jilbab yang menutup dg sempurna, yang gede-gede atau sebangsanya. 

Banyak alesan buat gak make *belom* yang katanya benahi diri dulu baru mau pake jilbab, daripada pake jilbab tapi kelakuan masih ga bener. Ada yang bilang *maaf* "Ah, mending gak pake daripada udah make jilbab tapi buktinya masih banyak yang bejat." Astaghfirullah..

Buat alesan pertama, mau benahin kelakuan dulu, mau sempurnain iman dulu. Saudariku *ehem, gw mulai alim* bahwasanya di dalam Al-Qur'an, kalam Allah, dijelaskan kewajiban kita buat menutup aurat dengan jilbab yang menjulur menutupi dada. WAJIB. Jadi apa iman bisa sempurna kalo masih ada kewajiban yang kita tinggalin? Berdasarkan pengalaman dan pengamatan, kalo kita niat pake jilbab dg ikhlas krn Allah, insyaAllah kelakuan bakal mengikuti. Perubahan itu bakal terjadi pelan-pelan, bukan radikal.
Kedua, soal wanita berjilbab yang dibilang *maaf* kelakuannya bejat. Ini generalisasi yang gak valid. Masa iya sebagian kecil yang kaya gitu trus digeneralisasi dan dijadiin alesan. Yaa gampangnya bandingin aja wanita berjilbab dan gal berjilbab, banyakan mana yang gak bener?

Sebelumnya maaf, gw gak bermaksud provokasi atau memojokkan kaum tertentu. 

Hidayah itu gak bisa ditunggu tapi dicari. Dan ini kisah pencarian hidayah versi gw :
Sore itu, rambut gw udah agak panjang, udah kena bahu dan itu panjang buat ukuran gw. Sejak SMP kelas 3 potongan rambut gw cuman dua: Dora the explorer atau potong cowok. Setelah berpikir-pikir akhirnya gw memutuskan buat potong rambut ke salon langganan gw di deket SMP. Tutup. Waaahh udah terdesak ini rambut udah gak nyaman, akhirnya gw ke salon sebelah yang kayanya kakaknya salon langgaanan gw. Eh tutup juga, tapi si ibu salon masih di depan. Terjadilah dialog berikut :
Ibu Salon (I) : mau potong po mbak?
Rahma (R) : iya bu. yaahh tutup ya?
I  : aku mau ke nikahan si mbak, oh tapi buka ko mbak buka. yok masuk..
R : *masuk*
I  : mau model apa?
R : pendekin aja bu, segini *sambil megangin bates rambut yang pengen gw potong*
I  : *kres kres kreeesss..tektektek..ngiiiiiiinggggg...-suara gunting, semprotan, hair dryer dsb*
R : heik??
I  : oke mbak, udah!
R : *nelen ludah dg gondok*

Proses potong rambut itu gak sampe 5 menit!
Hasil : rambut gw dipotong rata sekuping dan cuman kaya potongan batok (batok ditaroh kepala gw trs rambut dipotong memutar) omaigoootttt !!!!!

Hari berikutnya, di kelas gw dipanggil Rahma Helm krn rambut gw kaya helm. Gw dimasukin ke list pemain bola yang isinya cowok semua "Buat semua cowok : mukti, mumun, yudha, rizki, imam, yusak, rahma, ntar kita main sepakbola gabung sama IPA6." Whatt???
yaahh..gw dianggep cowok intinya.
Trus ramadhan pun datang, semua siswa Islam yang putri wajib pake jilbab. Gw muali terbiasa. Abis ramadhan, gw yang terbiasa pake jilbab jadi ngerasa aneh kalo ngelepas jilbab, lagian terlanjur malu rambut gw udah kaya cowok tulen. Niat awal pake jilbab buat nutup rambut gagal potong, tapi seiring berjalannya waktu niat itu bisa gw lurusin..

Yok pake jilbab! ^^

7 comments:

  1. wahahaaa... musibah menjadi hidayah tuh. Jangan ajak saya pake jilbab yaa, soalnya emang nggak ada perintahnya cowok pake jilbab siih :P

    ReplyDelete
  2. hahaa..absolutely!
    hokeh lah!

    ReplyDelete
  3. HELLO MBAK SALAM KENAL YAH...
    INI KALI PERTAMA SAYA BERSUA KE LAMAN ISTIMEWA INI...
    SEMOGA SAYA AKAN KEMBALI DAN LEBIH SERING BERTANDANG KE BLOG INI...
    OIYA, POSTINGANNYA MENARIK MBAK, BANYAK PELAJARAN BERHARGA YANG BISA SAYA DAPATKAN DARI POSTINGAN TERSEBUT, UNTUK ITU SAYA HATURKAN TERIMAKASIH...

    ReplyDelete
  4. ya, setiap musibah kan emmang ada hikmahnya .....

    ReplyDelete
  5. @pelangi anak : waahh makasiiihh :')

    @rubiyanto : betul sekalii!! selalu ada hikmah di balik fakta haha

    ReplyDelete
  6. haha dari musibah ya haha....

    yg pasti aku ga ikutan make Jilbab ya iyalah gw laki hha....

    slam knal ya...sekalian aku Follow(DJ Site)....D'tgu Follow balik'y....happy blogging.....

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!