Ospek IT Telkom: PDKT, Berjuang Atau Tenggelam

28 Juli 2011, kalo ditanya sekarang lagi musim apa di IT Telkom, gw bakal dengan lantang menjawab MUSIM KACANG IJO! Kenapa? Apalagi kalo bukan banyak kepala plontos berkeliaran di kampus, bergerombol, sebagian kecil adalah panitia PDKT dan sebagian besar adalah peserta PDKT a.k.a Maba. Mibanya? ya ga plontos lah! Karena menjelang PDKT, dan karena gw beberapa kali menemukan orang nyasar di angsajenius dengan keyword "pdkt it telkom" "ospek di it telkom" dsb makanya gw tergerak buat nulis ini semua, demi kalian, hiks hiks, wahai adik-adikku 2011 yang kaya ladang kacang ijo hiks hiks *lebay*
Ospek di IT Telkom emang dikenal dengan istilah PDKT, Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi. Keren yak? Rada berbeda mungkin dengan ospek di universitas lain. Di sini, ospeknya keren. IYA, KEREN. GW ULANGI LAGI, KEREN! Ga ada perploncoan, ga ada disuruh naik gunung sampe pingsan, ga ada disuruh makan kerikil, ga ada! *eh, di universitas lain juga ga ada ya? hee..





sumber: Album "CMT 2009" Putra Fajar Alam on facebook

Anyway gw sekarang udah mau masuk taun keempat, artinya PDKT udah 3 taun yang lalu, 2008. Dulu, gw ga punya kenalan sama sekali anak seangkatan 2008 kecuali temen sekosan gw namanya Winda. Untungnya kami sekelompok entah kenapa. Bayangpun, anak kampung pertama kali tinggal di Bandung dengan tiada sanak pendukung. PDKT kala itu, masuk jam 04.00 buat Binroh (Bina Rohani) trus dilanjut sampe seharian, sampe Maghrib kalo ga salah. Ada acara semacam pengenalan UKM, Kontemplasi, trus kaya seminar-seminar gitu juga. Banyak yang indoor (dulu di GSG, Gedung Serba Guna) dan banyak juga yang outdoor (dulu di lapangan rektorat).


Apa yang gw rasain pas PDKT bener-bener unexpected. Gw, yang ga pernah minat sama dunia IT, yang dulu selalu berambisi jadi dokter, yang pas SMA selalu remed kalo ulangan TIK bab programming dsb, masuk IT Telkom. Sounds great yeah! Oh nope, sounds weird for sure! Tapi apa yang gw liat pas PDKT mengubah cara berpikir gw. Di lapangan rektorat waktu itu, gw duduk di belakang karena harus urut abjad, mata gw tertuju pada lambang STT Telkom di depan lapangan rektorat. Kala itu masih STT Telkom. Mendadak hati gw panas liat lambang itu, gw bodoh kalo udah mau nyebur ke kolam tapi memilih untuk tenggelam. Allah selalu punya rencana terbaik untuk hamba-Nya. Sistem Informasi IT Telkom 2008 ini pasti jalan terbaik gw. Gw yakin.

Dari PDKT juga, mata gw makin terbuka. Banyak orang hebat lahir di sini. Dari keseluruhan acara, gw jadi tau ada UKM apa aja di IT Telkom, tapi waktu itu si belom kebayang mau ikutan yang mana, secara buanyaaakk! Jadi tau juga gedung-gedung di IT Telkom. Jadi tau juga prestasi mahasiswa dan kampus putih biru ini. Jadi mendadak jatuh cinta. Iya, jatuh cinta, bukan pada pandangan pertama tapi untuk seterusnya, sama kampus putih biru ini.

Dulu juga, berasa keren banget ngeliat kakak-kakak panitianya. Yoilah, anak kampung mendadak ke Bandung,  liat jas almamater juga langsung dibilang keren walaupun sebenernya kedodoran :p Kakak MCnya, Kakak Director PDKTnya, Kakak yang bagiin makanan, Kakak yang marah-marah, Kakak yang ngebagiin tugas, Kakak yang.. woooww semuanya kereeenn!! *ok cukup! jangan bilang gw terlalu udik!*

Berat ga sih PDKT? gw bilang sih engga. Seru sumpah! Sensasinya tiada banding. Deg-degan, dimarahin, makan dalam beberapa menit, tugas ga lengkap, tapi dalam satu waktu, seneng dan bangga tiada banding. Gw yakin PDKT bakal sukses mencetak pemimpin-pemimpin masa depan! Presiden Mahasiswa, Ketua Himpunan, Ketua UKM, Koordinator Asisten Lab, dan juga calon orang-orang hebat.

Pesen gw *serius* jangan males-malesan ikut PDKT! Itu gerbang lo buat tau lebih lanjut tentang kampus, tentang dunia mahasiswa, tentang dunia IT Telkom yang kejam layaknya Giant ke Nobita. Itu gerbang yang akan menjadikan lo mahasiswa yang seperempat matang (sisanya sambil jalan sampe lulus), berdedikasi, cinta kampus, dan lebih dewasa, bukan lagi SISWA tapi MAHASISWA. Meeen, MAHASISWA!! betapa kerennya kata itu. Dan itu adalah lo wahai mahasiswa baru IT Telkom! Dan lagi, PDKT ini juga bakal sangat berguna buat keberlangsungan hidup lo di dunia kemahasiswaan IT Telkom. Banyak kepanitiaan yang mewajibkan pendaftarnya lulus PDKT, UKM pun begitu, BEM pun begitu.

Selamat menikmati PDKT 2011!! 

11 comments:

  1. hmm..dulu sempet kepengen banget daftar di STT Telkom..tapi ga dapet restu ortu.. mungkin kalo jadi masuk sana,saya jadi senior kamu ya? :D

    ReplyDelete
  2. hai rahma...

    so many of my buddies continue @your campus..

    i am alumny of STM Telkom Sandhy Putra makassar[STELK]..

    i have buddies continued there e.g ervan, ikhsan ilyas, tenry...do u know them???

    ReplyDelete
  3. waaah... samaaaa bangeeeet maa...

    ga ada niat buat masuk ITT...
    tapi sekarang cinta matii... hehe..

    nice post... ^_^

    ReplyDelete
  4. Sahabat deket aku mungkin lagi PDKT di STT Telkom, jangan galak-galak ya Mbak sama dia hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah, PDKT-nya asyik, yah..
    Jadi pengen cepet2 kuliah, ni ^^

    ReplyDelete
  6. makasih mbak Rahma, buat postingannya, berguna banget nih :e

    ReplyDelete
  7. mbak mau tanya kalo IM telkom sama aja ?

    ReplyDelete
  8. Hi Nurlaili Wulan, IM Telkom beda sama IT Telkom. Yang saya tulis di atas itu IT Telkom :)

    ReplyDelete
  9. hukuman bagi yang ngak lulus pdkt apa bro?

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!