BEM IT Telkom 2011: Kabinet Inspirasi

Merasa rada berdosa karena banyak banget yang nyasar kesini (link) pas googling pake keyword "BEM IT Telkom" "Logo BEM Telkom", "IT Telkom", "logo BEM", "logo IT Telkom" dan "logo BEM IT Telkom" hahahaa. Ini data gw dapet dari feedjit (link) sama dashboard angsajenius. Postingan yang dulu itu isinya perkenalan Departemen Wirausaha BEM IT Telkom 2010, sahabat-sahabat gw yang udah kaya keluarga sendiri (link)

Jadi kali ini, gw akan ngasih informasi yang semoga akurat dan tepat.

BEM IT Telkom periode 2011 ini punya nama Kabinet Inspirasi
Visi BEM KBM IT Telkom 2011

Tulus Akomodatif dan Profesional dalam Berkontribusi demi Terwujudnya Cita-Cita Kampus, Bangsa, dan Negara

Misi BEM KBM IT Telkom 2011
  • Membentuk kabinet BEM yang solid dan integral berorientasi kepada visi
  • Merangkul seluruh elemen civitas akademika dalam mencari solusi permasalahan intrakampus
  • Membangun fondasi awal dalam mewujudkan kegiatan KBM yang menasional dan mendunia
lambang BEM KBM IT Telkom

Sekarang ini, BEM diketuai oleh seorang mahasiswa *yaiyalah masa pak RT. krik.* Teknik Telekomunikasi angkatan 2008, Tito Anugrah Perdana dan wakilnya Demsy Setyawan, Informatika 2008. Namanya Presiden Mahasiswa sama Wakil Presiden Mahasiswa, bukan Ketua BEM. Dari lambangnya, keliatan kalo IT Telkom banget ya dari bola dunianya itu.

Naah, di BEM 2011 ini, ada banyak Kementrian dan Badan. Kalo di UKM kan namanya Divisi atau Departemen ya, di BEM kita punya Kementrian dan Badan. Jelas lah yang mimpin namanya Menteri, masa iya pak lurah menteri. Sekilas gw kasih gambarannya ni yak.

Biro, semacam HRDnya BEM. Tugasnya mendampingi kerja pengurus dan upgrade internal pengurus jadi prokernya ga jauh-jauh dari Upgrading, Benchmarking BEM, Cubitus (Curhat Biro Maknyus), Cowo Matre (Cowo Malam Tidur di Sekre), Jus Cewe (Jumat Siang Cewe-Cewe), Buku Pendampingan dan Award and Punishment. Biasanya Biro ini biasanya isinya angkatan tua yang udah pernah di BEM periode sebelumnya jadi bisa ngasih advice dan pendampingan dg tepat. Taun ini, Biro punya nama Birockster, Biro Cinta Kasih Sahabat Terindah heheee.. pasti doong kita semua menyayangi seluruh pengurus :) 


Kementrian Dalam Negeri. Namanya juga dalam negeri, jadi ga jauh-jauh dari ormawa (organisasi mahasiswa) dan KBM. KBM tau? di IT Telkom kita pake istilah Keluarga Besar Mahasiswa while di universitas lain mungkin namanya KM (Keluarga Mahasiswa). Beberapa program kerjanya tu Olimpiade IT Telkom, Pesona Budaya sama HUT KBM. Olimpiade itu semacam ajang olimpiade yang diadakan di IT Telkom, pesertanya mahasiswa (haha penjelasan gw ga banget ya kayanya). Pesona Budaya? Beeeuuhh ini keren mampus! Jadi di Pesbud ini semua UKM Budaya, mulai dari Aceh sampe Sulawesi (paling jauh Sulawesi kayanya si, Papua belon ada nih Papua, ayook didirikan yook!!) bakal terlibat. HUT KBM? jelas lah yaa buat menyelamatulangtahunkan KBM :) Pelaksananya bukan anak-anak Dagri tapi bakal ada kepanitiaan lagi, nah Dagri ini ntar yang ngawasin dan ngedampingin.


Selanjutpun, Kemahasiswaan. Biasanya disebut Kemhas (bacanya bukan kemas ya, tapi huruf H dibaca juga). Rada sebelas-duabelas sama Dagri nih, berdampingan dan saling merapat kerjanya. Bedanya Kemhas lebih ke isu-isu kemahasiswaan dan berhubungan erat sama Rektorat. Salah satu proker kerennya tu Kampus Sehat. tau kan? yang gambar tangan ituuu.. Trus juga ada green campus, advokasi institusi dan kajian isu insidental.


Keuangan! weeew siapa yang ga tau tugasnya Keuangan. Kementrian ini urusannya sama regulasi keuangan KBM, ga cuman ngurusin keuangan BEM aja tapi juga KBM. Termasuk kalo ada kepanitiaan yang mau minta dana buat acara, ntar urusannya sama Keuangan ini.


Komunikasi dan Informasi. Kementrian Kominfo, urusannya sama publikasi dan dokumentasi pokonya. Publikasi ni termasuk penyebaran informasi ke eksternal BEM loh. Mading, twitter, FB, website, semuanya Kominfo yang menangani. Keren yak?


Luar Negeri. Kementrian ini biasa disebut Kemlu. Yang suka panas-panasan aksi itu looh. Eit jangan mikir aksi itu useless yaa kalo belon tau esensi dan tujuannya :) Isinya anak-anak Kemlu nih orang-orang yang kritis, suka mengkritisi, doyan politik, dan omongannya berat. hahaha.. Keberhasilan yang oke banget dari Kemlu taun ini adalah ngebentuk Aliansi 3 kampus, IT-IM-Politeknik Telkom.


Pendidikan Kaderisasi atau kementrian Pendekar. Yeahaaa bukan Pendekar Biru yang lidahnya ijo-ungu-merah-biru tapi ini Pendekar PUK (Pola Umum Kaderisasi) di IT Telkom. Prokernya diantaranya tu Basis Massa, semacam magang di BEM dan dikasih ilmu-ilmu keorganisasian yang insyaAllah bermanfaat buat hidup para Basmas kedepannya. Trus juga yang paling semua orang tau adalaaaahh.. gimme P gimme D gimme K gimme T yeahaaa PeDeKaTeeee!! Ospek ini pasti dikenal semua warga IT Telkom :)


Kementrian Pengembangan Masyarakat atau pengmasy. Ini isinya anak-anak baik hati dan berhati mulia yang suka menolong dan cinta sesama manusia. Mulai dari Badan Tanggap Bencana secara sekitar IT Telkom kan langganan banjir, sampe kolaborasi sama warga dalam berbagai acara. Baksos-baksos, pokonya yang baek-baek lah :D


Riset dan Teknologi. Kementrian Ristek ini berperan penting banget nih. Kampus kita kan kampus IT jadi kementrian ini pun menggeluti riset dan IT dalam berbagai prokernya. Termasuk untuk hubungannya ke BTP, Ristek juga nih yang di lini depan. Oiya BTP itu Bandung Technopark.


Sekretaris Kabinet atau Seskab. Dimana-mana semua butuh yang namanya bagian administrasi kan, mulai dari surat, aturan sekre, kebersihan, inventaris sekre, semuanyaaaa kerjaan Seskab.


Terakhir, but not least, Wirausaha. Yeah ini kementrian yang isinya bocah-bocah paling mata duitan sekabinet BEM. Liat duit langsung ijo, liat peluang langsung ngiler. Stand PMB BEM, Jaket Angkatan, Seminar Wirausaha, Jaket BEM, dan ongoing project yang ga bisa gw umukan disini tapi insyaAllah lahan basah buat cari duit yang halal.


Naah kalian angkatan 2011 udah pada pesen jaket angkatan beloom? weiss gagaul banget lo kalo kaga punya jaket angkatan! Ini nih identitas kalian sebagai angkatan 2011 yang kompak :D yang penasaran, ini poster sama detailnya (link).


Oiya mungkin kalian bertanya-tanya gw ada dimana, iya kaaan? *plis jangan jawab engga, gw udah ngetik segambreng gini masa kaga ada yang penasaran gw dimana* Gw sekarang adalah salah satu Birockster, spesialisasinya megang WU soalnya 2 taun belakangan gw di WU :)


Jargon BEM IT Telkom 2011:
Siapa Kita? Tulus Akomodatif Profesional Berkontribusi.
BEM 2011! Bersatu Berjuang Bersama Memahami Menginspirasi


contact:
http://www.bemittelkom.org/
twitter: @bem_itt
email & facebook: bemkbmittelkom@gmail.com 

5 comments:

  1. mudah-mudahan para MABA TI Telkom baca ya Mbak, infonya okeee...

    ReplyDelete
  2. Woow.. keren keren Ma...

    Semoga BEM IT Telkom semakin jaya dari tahun ke tahun...

    "Salam cinta kasih Birockster"
    ^_^

    ReplyDelete
  3. kegiatan jadi BEM apa aja???

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!