No Vetsin, Ayam Pedaging dan Telur Ayam Petelur, Lauk?

Halo Angsajeniusers! Gimana puasanya? 10 hari pertama udah lewat yah alhamdulillah yah *gaya Syahrini* tinggal sisanya nih kita manpangatin dengan baik dan lebih baik lagi. Belom tentu kan Ramadhan taun depan kita masih berkesempatan ketemu?

Oh sebelumnya, gw bingung banget ngasih judulnya, jadi begitulah adanya.
Yang namanya orang puasa, pasti kan sahur dan buka kan ya, nah kemaren dalam perjalanan ke kampus, terjadilah percakapan seperti ini antara gw dan temen gw.

Temen gw : Ma tadi lo sahur pake apa?
Gw : Oh, seperti biasa dikasih sama bu kos, tadi si nasi sama perkedel.
Temen gw : Hah? perkedel apa?
Gw: Perkedel kentang dong.
Temen gw : Trus lauknya apa?
Gw : Lah, ya itu lauknya perkedel lah.
Temen gw : Yaah itu mah bukan lauk. Lauk tuh ayam, telor, daging, ikan. Yang bergizi kek.
Gw : Wohow perkedel itu lauk men, pake telor juga kan bikinnya.

Trus gw mikir.. Sesempit itukah domain lauk? 

Keluarga gw adalah keluarga dengan pola hidup sangat sederhana. Gw super salut sama Bapak & Ibu yang bisa hidup demikian sederhana, karena di kampung? mungkin. Buat kami sekeluarga, perkedel itu lauk. Alhamdulillahnya kami sekeluarga doyan makan makanan murah dan selera kami sama. 

Contoh: Tiap puasa, mau pake lauk apapun, tapi tempe goreng tepung kuning, sop dan sambel adalah wajib. Pernah masak ikan, tapi justru sisa-sisa pada ga makan ikan. Kami merasa bahwa menu buka puasa paling oke dan lezat sedunia akhirat adalah sop, sambel, tempe tepung. That's it.

Anak-anak bapak sangat doyan makan, ya, gw dan adek gw kalo makan super banget. Tapi kami dijaga oleh aturan bapak. Ga boleh masak pake vetsin, ga boleh masak telor ayam petelur, ga boleh masak ayam broiler, ga boleh masak makanan berpengawet macem kornet, sosis dan nugget, dan ga boleh masak mie instan. Ribet? ga juga kalo udah biasa :) 

Gantinya, kami main bumbu dapur untuk menggantikan vetsin, telur bebek atau telur ayam kampung, ayam kampung, dan tetep ga ada makanan instan berpengawet. Mie instan cuma kalo kepepet dan maksimal sebulan sekali. Untuk lauk, keluarga gw sering mengonsumsi tempe, tahu, dan favorit kami sekeluarga Ikan Asin yeah! Tiap hari wajib ada tempe, sekali goreng 20 kalo berempat :D Ikan asin? asliiiiii itu enak mampus! Lo mau makan pake apa aja kalo ada ikan asin pasti langsung jadi enak. Selain itu, tiap hari di rumah pasti masak sayur, sayuran ijo ya bukan yang santen-santenan. Mulai dari wortel-kentang-kol yang dibikin sop, bayam, kangkung, buncis, kacang panjang, daun katuk, kecipir, dan sebagainya. Semua doyan sayuran ijo jadi apa pun pasti abis :D Sesekali kami masak ikan, daging dan ayam, tapi daging dan ayam bisa dibilang jarang karena bapak ga suka. Ikan selalu jadi pilihan pertama.

Ga bergizi? ga juga! Tempe kan dibikin dari kedelai yang kaya akan protein nabati. Sayur-sayuran lain juga bergizi tapi gw sendiri angkat tangan kalo disuruh nyebutin satu-satu, musti googling dulu :P 

Kalo mau makan daging-ayam mulu, lo bakal ga tega sendiri deh. Kenapa? hidup di kampung mengajarkan banyak hal, bahwa sekeliling kita banyak yang kekurangan dan kita jelas-jelas tau karena sering banget berinteraksi sama mereka. Banyak yang makan aja jatah tempenya cuman 1 per orang, sayur apa adanya banget. Makan kaya tadi, asli, enak dan bikin badan seger! Ini kali ya yang bikin anak Bapak-Ibu pada pinter-pinter hahahahaa *pede tingkat platinum-eh berasa MLM* 

salah satu foto favorit gw, pasca Idul Fitri 2010

Waahh jadi kangen tempe goreng tepung kuning ala Ibu. Apalagi bulan puasa gini, selalu masak rame-rame sama Bapak juga, bagi-bagi tugas ini itu, trus nunggu buka puasa di teras sambil ngobrol sama Uti & Kakung. Iya, rumah kami berhadapan, cuman 10 langkah udah nyampe pintu Kakung. Dan buka puasa selalu diawali dengan gw dan adek yang berebut tempe goreng paling gede.

Cuman mau mata kita terbuka aja, bahwa makanan enak itu ga harus mahal dan ga harus daging-ayam-ikan mulu. 

6 comments:

  1. Assalamu alaikum,
    tempe goreng tepung kuning, hmm... enaknya... Aq ska yg penyet2 kyak tempe n tahu. Maaf bru smpat mampir, dzdjakillah khairan :)

    ReplyDelete
  2. knp bisa gtu iia?!?!? saiia juga termasuk pencinta gorengan.. tanpa itu.. beuuhhh berasa banget ada yg kurang :(

    ReplyDelete
  3. wha tempe goreng tepung kesukaan ku hiks..

    ReplyDelete
  4. waaaah kita sama-sama menjauhi pecin Mbak, tos deh.. ada temennya :D

    ReplyDelete
  5. hahaaa... betul betul Ma...

    Tak perlu mahal, yang penting enak.. hehe

    ReplyDelete
  6. saya sukanya lauk yang sederhana tapi variatif :)

    anyway, salam kenal dulu ^^

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!