Kenapa Grogi bikin Mules?

Scene 1:
Mawar *bukan nama sebenarnya* sedang berada di belakang panggung menunggu waktu tampil untuk jadi MC di depan 1671 orang. Deg-degan men! Keringetan si engga, tangan rada dingin iya. Mules? IYA BANGET!! Pas jalan ke panggung, mulesnya perlahan reda, pas udah di panggung, mulesnya lenyap entah ditelan Naga Indosiar.

Scene 2:
Melati *bukan nama sebenarnya* berangkat sekolah dengan tas ranselnya yang gedenya udah kaya mau camping. Di jalan, Melati melihat ada jambul beterbangan, bulu berjatuhan, daun berguguran dan api dimana-mana. Avatar pun datang! Ya, adalah Avatar, cowok berjambul yang kalo jalan rasanya ada jambul, bulu, daun dan api dimana-mana. *oke ini lebay parah* Mendadak tangan Melati dingin, otaknya ngehank, dan perutnya bergejolak. Mules. Ya, mules. Bahkan sampe Avatar pergi pun mulesnya masih bersisa.

Scene 3:
Teratai *bukan nama sebenarnya* adalah wanita tinggi semampai dengan sepatu heels setinggi egrang. Dia mau melamar pekerjaan. Menjelang wawancara, baju yang udah rapi banget mendadak kusut. Adalah karena Teratai megangin perutnya terus-menerus karena mules. Ya, mules. 

Scene 4:
Bayam *bukan nama sebenarnya* sedang asik berleha-leha di teras rumahnya sambil dengerin radio Prambors. Mendadak ada lagu Accidentally In Love-nya Counting Crows. Bayam mendadak kebayang Hulk, cowok jagoan yang super hijau dan kaya klorofil yang Bayam yakin akan membuatnya bahagia. Mendadak Bayam kebayang Hulk, betapa imutnya dia, betapa ramahnya dia, betapa baik hatinya dia, dan betapa nyamannya Bayam saat bersama Hulk. Bayam selalu ngerasa aman karena ga takut dimakan sama Hulk. Ya, Hulk mendadak bikin perasaan Bayam campur aduk. Deg-degan, mendadak seneng, mendadak ceria, tangannya dingin, dan mules.

Mana yang paling benar menurut Anda? Apakah Mawar, Melati, Teratai ataukah Bayam?? Yak, semuanya benar. Ini cerita rekayasa tapi maksudnya nyata. 

Gw sendiri pun sering mules-mules mendadak, terutama dengan 4 kondisi kaya di atas. Daaaan ini bukan tipe mules yang bisa lega kalo lo ke WC. Jadi, menurut analisis gw, ada 3 tipe mules.

  1. Mules 1 adalah mules yang murni, mules yang beneran mules yang lega dan ilang abis dari WC.
  2. Mules 2 adalah mules karena lo lagi mau dateng bulan, biasanya pas PMS (pre menstruation syndrome). Mules ini akan berangsur ilang ketika lo dateng PMS berganti menjadi MS. Kadang rasanya kaya mules terus kaya diare padahal ga bisa dikeluarin karena emang bukan mules pengen pup.
  3. Mules 3 adalah mules karena sebab lain-lain. Gw mengkategorikannya jadi mules karena grogi, deg-degan, tertekan, stress, dsb.

Jadi, 4 kasus di atas adalah mules tipe 3 saudara-saudara *crowd cheering* 

Nah ko bisa mules karena sebab aneh kaya tadi? Gw barusan googling, dan nemu banyak situs tapi sebagian besar isinya percis. Copy paste dan gatau mana sumber aslinya, gatau mana yang dicopas. Intinya, pada saat tertentu misalnya lo lagi stress, tertekan, deg-degan, grogi, atau seneng, asam lambung lo akan mengucur lebih deras. Akibatnya lo bisa sakit perut, mual, maag, dan mules. Gw ulangi, yang terakhir adalah MULES.

Tapi, kalo kata gw, itu manusiawi ko. Lo ga perlu kuatir karena itu manusiawi. Tapiiii kadang mengganggu juga sih ya mules-mules gitu, jadi bisa coba lo atur lagi ritme perasaan lo, jangan terlalu grogi, terlalu stress, terlalu tertekan, atau terlalu jatuh cinta sampe mules-mules.

7 comments:

  1. Rahma, ngakak baca penokohannya: Mawar, Melati dan Teratai... tokoh keempat.......... B A Y A M ..... Hahahahhaha. Bayam (spinach) harus berjuang melawan Olive untuk mendapatkan Popeye...

    Grogi memang manusiawi, dan banyak strategi yang bisa diterapkan untuk megatasi grogi. Bisa tanya om google kok

    ReplyDelete
  2. mules yang paling tak bisa ditahan adalah sesak boker, apalagi kalau ITUnya diujung, udah putih ini muka hahaha

    ReplyDelete
  3. Jujur aja kadang2 juga kayak gitu sih gw.
    tapi gak terlalu sering juga.

    Kadang pas mau ketemu someone yang spesial,pasti deh mules. *kadang2 aja yee

    kadang kalo disuruh presentasi juga sering mules #kadang2 juga yee

    Kadang kalo disuruh lompat ke jurang sering mules juga #abaikan

    ReplyDelete
  4. huhmmmmm... mules doank sih ok. tpi kadang2 tuh lhoo masih ada 'yang laen2' muncul jugaaaa~

    ReplyDelete
  5. gue seringnya yang pertama. kalo yang ke dua ga mungkin lah. haha

    ReplyDelete
  6. kalo saya sih lebih sering mules pengen BAB. hehhee

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!