Masalah? Mari Evaluasi. Tips n Trick Evaluasi Efektif

wah lama rupanya angsa jenius gw telantarkan, maaf yaaah *elus-elus angsa*

Kali ini gw akan berbagi sesuatu, pengalaman yang insyaAllah dan semoga bermanfaat, terutama buat lo yang lagi aktif di organisasi atau kepanitiaan.

Dalam tim, sekecil apapun itu, pasti ada masalah. Kalo kata Kabir Mpiq, Ka Biro gw di BEM 2011 ini, hidup tanpa masalah = mati. Sekarang the point is how to solve and overcome that problems. Dari beberapa kali evaluasi atas masalah yang pernah gw lakukan dalam tim gede, gw ambil beberapa poin penting selain gimana memecahkan masalah itu.

Berhati besar, ini kuncinya. Masalah bisa jadi muncul karena kesalahan anggota tim, dan itu bisa jadi adalah lo sendiri. Pas evaluasi mungkin bakal keluar kata-kata pedes tapi percaya, dengan berbesar hati mendengarkan semuanya, kita bisa tahu masalah apa yang ada dan apa sebabnya. Dari situ kita bisa bersama memperbaiki.

Cara evaluasi yang menurut pengalaman gw manjur, yang pertama adalah ngumpul di tim kecil masing-masing, ciptakan atmosfer yang kondusif dan ga kebanyakan bercanda. Bahas masalah yang ada, personal maupun kerjaan, karena masalah personal sangat mungkin mempengaruhi kinerja. Tapi inget, ga semua orang bisa dengan gampang ngomong di depan orangnya langsung. Buat ini, coba pake kertas diputerin. Tiap orang harus nulis apa-apa aja yang ga dia suka ke semua anggota tim. Abis itu dibaca dan diobrolin lagi bareng-bareng. Ini manjur.

Kedua, cara yang lebih ekstrem, biasanya kalo masalahnya banyak, forumnya gede dan anggotanya banyak, cara ini cocok. Kumpulin semua anggota tim, sebanyak apapun itu. Enaknya sih malem-malem yang ini mah, soalnya bisa lebih khidmat, atau siang pun gapapa asal ada ruangan yang bisa gelap gulita. Taruh 1 lilin di tengah, dan posisinya semua duduk melingkari lilin *bukan ngepet!!* Kondisikan untuk lingkarannya, cewe satu sisi dan cowo satu sisi, jangan campur. Matiin semua alat komunikasi. Fokus, dan besarkan hati. Dalam evaluasi apapun, emang niat kudu dilurusin. Lo ga akan dapet solusi dan pelajaran kalo lo mau menang sendiri, berniat ngejatuhin orang lain atau niat-niat buruk lain. 

Sekali lagi, ciptakan atmosfer hening dan khidmat. Satu orang bisa ngebuka forum dan usahakan si pembuka forum ini bukan pemimpin tertinggi tim, tapi orang yang punya jabatan juga yang posisinya tahu banyak soal masalah dan kondisi tim. Kenapa jangan pemimpin tertinggi? karena nanti akan ada banyak kritik untuk sang pemimpin *biasanya* Disini mungkin bakal berdarah-darah air mata dimana-mana, tapi gapapa, it works, it really does. Dengan satu prinsip "Semua masalah yang diungkap disini akan berakhir disini, ga ada yang keluar forum." semua orang bebas ngomong apa aja, apa aja, apa aja. Dan lebih enak karena suasananya gelap jadi ga ada yang takut/malu ngomong.

Buat apa evaluasi? Gw percaya prinsip apel, bahwa satu apel busuk akan ngebikin apel lain ikutan busuk. Gw percaya minyak jelantah kalo diaduk bakal sangat keruh. Gw percaya komunikasi sangat vital. Itu kenapa, kalo ada masalah yang ga cpet diselesaikan, apel lain bakal ikutan busuk, bakal ikutan kena dampaknya entah itu ikut bermasalah atau ketidakberesan lain. Dan ketika masalah lo diamkan, lo biarin mengendap lama, pas lo aduk atau kesentil dikit aja, semua minyak akan keruh. Masalah bukan untuk didiamkan tapi untuk diselesaikan. 

Luruskan niat, mari mencari solusi dan keluar dengan semangat, jiwa dan cinta yang baru buat tim. 

No comments:

Post a Comment

Drop your thoughts here, yea feel free!