Minta Tolong Kok Ngerepotin

Kadang menulis bukan supaya dibaca banyak orang dan dapet banyak impression dari temen-temen. Kadang nulis sekedar buat menyalurkan hobi dan cerita, dibaca syukur, engga juga gapapa *memandang langit-langit kamar dengan tatapan kosong  :P *. And that's what I did recently.

Beberapa hari yang lalu, gw terjebak hujan di kampus, dan ga ada payung di tas. Niat hati mau bonceng temen sekalian dia pulang biar ga terlalu kehujanan, tapi pas gw baru mau ngomong, ada temen satunya lagi udah mau bonceng temen yg pertama itu. Aduh bahasa gw kenapa jadi kaya mencari jarum di tumpukan jerami gini sih >.< Hm, begini kronologisnya:

Temen 1 adalah si empunya motor yang sering ngasih tebengan pulang.
Temen 2 adalah yang udah ngetag mau bonceng temen 1.
Temen 3 adalah figuran yg ga berperan apa-apa sama sekali.

Gw: Eh ujan deres gini yak, hm, ntar aja ah pulangnya nebeng temen 1.
Temen 2: Wah, ga bisa Rahmaaa, gw udah mau bonceng dia duluan. Ada perlu penting nih.
Gw: Ooh yauda gw jalan aja kalo gitu, ntar deh nunggu redaan.
Temen 2: Apa gini aja, temen 1 nganterin lo dulu ke kosan, abis itu dia balik sini lagi buat jemput gw dan nganterin gw. Apa nganterin gw dulu aja trus ngejemput lo?
Gw: Waaaah ga usah ga usah, jangan deh jangan, kasian, ujan gini bolak-balik. Masa gw yang butuh, dia yang repot.

#kemudianhening
Temen 1 & Temen 3 lagi ga ada di TKP.

Well, the point is, when we need people to give a help, don't trouble them! Let them help you as they can, don't sue them to do more and more.
Minta tolong gitu yaaaa, namanya juga minta, ga etis banget kalo lo menuntut lebih dari si pemberi pertolongan. Masih untung mereka mau nolongin lo. Tujuan minta tolong kan meringankan kerjaan kita, kerjaan kita kan tanggung jawab kita. Sekalipun sang penolong bilang gapapa gapapa, tahu diri tetep penting :)


Ah jadi inget pesen bapak pas gw SD. Dulu gw manja, mau minum aja minta ambilin, mau makan suka minta ambilin dan suapin, sampe akhirnya bapak bilang: "Kalo bisa dikerjain sendiri, kerjain sendiri. Jangan kebiasaan ngerepotin orang, Ma." Ya, so true!

2 comments:

  1. singkat tp inspiratif...,
    ----
    klo mau minta tlg ma org liat2 dlu orgx., klo emank dia mampu & dirasa sanggup membantu kita scr maksimal ya gk masalah suruh ini...suruh i2.., *smile

    ReplyDelete
  2. dan problem kedua adalah sang pemberi pertolongan kadang susah untuk menolak, gak enak soalnya kasian ato karna ama tmen, dan itu juga terjadi pada kita, susah menolak permintaan meskipun justru menyusahkan kita..

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!