Sehat dan Cantik dengan Jogging Cantik

Sore itu langit IT Telkom syahdu, mendung romantis dengan beberapa titik kecil hujan jatuh tepat di hidung yang ga bisa disebut mancung. Di danau, ada 3 orang remaja *eh, udah 20 tahun ding, berarti wanita yang bener* berjalan cepat dengan obrolan secepat langkah mereka. Bukan, mereka bukan golongan mahasiswa rajin berolahraga yang sedang beristirahat dengan berjalan cepat. Mereka bertiga sedang melakukan ritual yang lama mereka tinggalkan, Jogging Cantik. Adalah Rahma, Siti dan Nisa, ketiganya anggota Birockster 2011 yang salah satu program kerjanya adalah Jogging Cantik, dan ini Jogging Cantik pertama setelah mereka demisioner. Apa yang lo bayangkan ketika denger Jogging Cantik? Jogging yang anggotanya cantik-cantik? Atau jogging dengan lari cantik? Atau jogging sembari pake make up? Atau jogging pake kebaya?

Apa? Lebih keraaaas!! *gaya Dora The Explorer*

Benaar sekaliii! Jawaban yang tepaaat! Semua jawaban salaaah! Jogging Cantik adalah kegiatan olahraga untuk mempercantik bukan hanya fisik tapi hati. Bentuknya bisa lari-lari atau jalan cepat 10.000 langkah *kenyataannya ga dihitung berapa langkah :P * lalu dilanjut dengan make up hati, bisa dengan curhat-curhat session, bisa dengan konsultasi atau Cubitus (Curhat Biro Maknyus).

Sore itu, di bawah langit syahdu IT Telkom, Rahma Siti Nisa menyudahi Jogging Cantik dalam putaran keenam jalan cepat keliling danau. Terserah mau dibilang keringetan atau engga, yang jelas ini adalah gebrakan bagi kami wanita-wanita yang jarang berolahraga yang ingin sehat dan cantik lahir batin hahaha. Make up hati kali ini kami menepi di kantin Poltek yang sepi sepi sepi abis, dengan sebungkus keripik balado & biscuit. Tampaknya lemak yang terbakar abis jalan keliling danau langsung beranak pinak kembali.

Jogging Cantik perdana 2011

swear, satu putaran danau pun ga selesai waktu itu

finalleeehhh.. duduk, ngobrol, foto :P

Apa bahasan kami? Hmm.. quite interesting! Sebagian besar adalah tentang pernikahan,nikah muda beserta segala konsekuensi dan berkahnya. Ini ga akan gw ceritakan sekarang somehow. Pembahasan selanjutnya, yang sangat berkesan walaupun sebentar adalah.. tentang.. #hening

Dimulai dari pertanyaan gw: Hm, Ti, nanya dong, aku pernah baca dimana gitu ya lupa, ada ditulis gini “Berdoa kok nyuruh.” Maksudnya, kalimat pas berdoa itu ko kita kaya nyuruh-nyuruh Allah gitu, ini itu ini itu. Itu gimana ya Ti? Apa kalimat doa harus kalimat minta, apa gimana si?

Lalu bergulirlah diskusi ini. Bahwa sebenernya, berdoa itu bukan menyuruh, siapa juga lo nyuruh-nyuruh Tuhan. Tapi berdoa itu meminta. Allah kan janji mau mengabulkan permintaan hamba-Nya, justru kalau kita ga mau minta, Allah ga suka. Dengan ga meminta, berarti kita sombong karena merasa bisa menyelesaikan ini itu tanpa campur tangan Allah. Dan lagi, kenapa harus malu meminta ke Allah? Kenapa? Bukankah Allah yang merajai segalanya? Dia yang Maha Kaya yang memiliki semuanya, kenapa kita harus malu meminta? Meminta pada satu-satunya pemilik dan penguasa jagad raya.

Pas banget, beberapa hari setelah make up hati, gw menemukan kertas berisi ayat-ayat dan hadist-hadist tentang berdoa. Ah, sempurna. Hadist dan ayat ini terlalu berharga untuk gw simpan sendiri.

“…Berdoalah kepadaKu, niscaya Ku kabulkan..” (Q.S. Al-Mukmin: 60)
“Atau siapakah yang telah mengabulkan (doa) orang yang dalam keadaan sempit, jika dia berdoa kepadaNya dan menghilangkan kesusahan?” (Q.S. An-Naml: 62)
“Dan jika hambaKu bertanya kepadaKu, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan doa orang yang berdoa kepadaKu.” (Q.S. Al-Baqarah: 186)
“Sesungguhnya Allah itu Maha Malu lagi penderma. Dia malu untuk menolak seseorang yang mengangkat kedua tangannya (untuk memohon kepadaNya) sehingga kembali dalam keadaan hampa sia-sa.” Shahih HR Tirmidzi.
“Seorang muslim yang memohon selain suatu dosa dan pemutusan hubungan tali silaturahim, pasti Allah akan memberikan salah satu dari 3 hal: doanya dikabulkan dengan segera, atau doanya disimpan untuk di akhirat, atau lantaran doa tersebut ia dijauhkan dari marabahaya sebesar kebaikan yang ia pinta.” Shahih HR Imam Ahmad.
“Janganlah seorang dari kalian mengatakan, Ya Allah ampunilah aku jika Engkau menghendaki, Ya Allah kasihilah aku jika Engkau menghendaki. Tetapi hendaknya kamu bersungguh-sungguh dalam meminta, sebab tidak ada yang dapat memaksaNya.” Shahih HR Bukhari.
“Doa salah seorang dari kalian akan dikabulkan selagi tidak mengucapkan, “Aku telah berdoa tetapi mengapa belum dikabulkan?”.” Shahih HR Bukhari.
“Saat seorang hamba paling dekat dengan Rabbnya adalah ketika ia bersujud. Maka perbanyaklah doa (dalam sujud).” Shahih HR Muslim.

Jadi? Masih ragu-ragu?

Gw jadi teringat suatu momen ketika MOS SMP. Dulu, ada seorang senior yang selalu bisa menarik perhatian *entah cuma gw atau semua murid seangkatan* yang gw ingat jelas, meng-aamiin-kan doa setelah shalat jamaah tanpa mengangkat tangan, hanya meletakkan tangan dengan posisi terbuka di atas paha. Terlepas dari kepercayaan, tradisi atau kebiasaan masing-masing orang atau daerah, yang ingin gw sampaikan adalah, kenapa harus malu atau segan mengangkat tangan untuk memohon? Bukankah Dia Maha Mengabulkan?

Setelah ini, jangan ada lagi melesat cepat setelah salam, luangkan waktu untuk berbicara padaNya, berterimakasih atas apa yang lo dapet, dan meminta apa yang bisa lo minta.

Cantik? Bukan sebatas wajah yang perlu dihias, tapi hati. Karena wajah selalu bertambah tua tiap detiknya, lalu suatu hari akan muncul keriput. Tapi hati, hanya bisa bertambah matang dan dewasa tanpa pernah mengenal keriput. 

5 comments:

  1. jogging itu sehat lho. btw, gak ngerti juga soal blog di blok. hehee..

    ReplyDelete
  2. Joging membuat sehat, tapi kalau joging di blog akan membaut blkogh kita juga semakin sehat. he....x9

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  3. udah neng pemanasannya?? ayo siap2 maen bola bareng. hehehehe :D

    ReplyDelete
  4. Hari ini Car Free Day di Jakarta, dan cuaca nya HUJAN.... Padahal tadinya sudah niat jogging.... Jogging lah sebelum jogging itu tidak memungkinkan untuk dilakukan... seperti HARI INI

    (Ditulis dengan perasaan bete karena sudah siap jogging dan diluar malah turun hujan)

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!