Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Minder yang Berujung Bangga, PDKT 2012

Saturday, June 23, 2012
Tentang PDKT. Bukan PDKT biasa, tapi Pengenalan Dunia Kampus Telekomunikasi.
Sekitar awal April, gw memutuskan untuk mendaftar sebagai Steering Committee PDKT 2012. Cukup kirim CV dan bikin essay. Lolos ke fit and proper test. Lolos lagi dan pelantikan, yang kebetulan waktu itu gw lagi pulang karena Ibu ulangtaun dan ngga ikut rangkaian acara pelantikan.

I grow up as a girl with high self confidence, but not that time, when I knew who submitted their application for SC PDKT 2012. Some things could turn your self confidence down, I admit it.
Denger nama-nama yang masuk saat itu, gw ragu, yakin ngga yakin. Kenapa?
  1. Gw belom pernah jadi OC PDKT sekali pun. Gw juga bukan pengurus BEM yang paham seluk beluk per-PDKT-an karena gw tumbuh 3 tahun di Wirausaha. Kontras. Di WU, gw terlatih bukan untuk jeli pada kalimat-kalimat yang menimbulkan banyak interpretasi sepanjang kedua belah pihak oke, maka oke. Mendadak, di PDKT, satu kata bisa dibahas berjam-jam. Gw belom terbiasa. Gw bahkan ngga hapal divisi-divisi di PDKT apa aja karena istilahnya beda tiap tahun. Teknis PDKT? blah. Tau darimana gw? Satu kali datang Laporan Kerja PDKT dan itu pun gw mempertanyakan hal yang entah penting entah engga, soal maskot burung hantu, dan sejak itu beberapa OC PDKT 2011 manggil gw teteh burung hantu. 
  2. Duluuuu, tahun 2011, rencana daftar SC PDKT ini gw buat bersama sahabat-sahabat WU, Muti, Aldi, Gheza, bonus Ardi Kurniadi. Gw masih inget perbincangan tentang rencana jadi SC PDKT di deket selasar mading. Tapi.. apa daya, Muti Aldi Ardi berubah pikiran, dan Gheza mengundurkan diri. Maka gw sendiri, maju dan mundur antara iya dan engga.
  3. Aturan PDKT yang udah tersohor dan hampir mustahil ngga ada adalah kerudung panjang satu jengkal dari bahu, jam malam dan larangan boncengan dengan lawan jenis *exhale* Berat membayangkan awalnya, karena gw murni bocah doyan main sampe larut, dan ya, sebagian besar bonceng temen cowok tentu saja. Bahaya bo kalo sama-saa cewe malem-malem *sok gaul* kerudung pun masih biasa aja, ya, menutup, tapi belum pada fase besar dan dobel biar ngga tembus pandang. 
  4. Minder. Satu-satunya alasan minder adalah nama-nama pendaftar SC yang lain. Waktu itu ada 26 calon, dan pendaftar putrinya semuanya adalah orang-orang yang sudah tertib hidup seperti alasan nomer 3 di atas. Tanpa diatur sedemikian rupa pun mereka udah berkerudung besar dan ngga boncengan sama lawan jenis. Mereka semua mentor. Sebagian besar udah pernah di PDKT sebelumnya. Ada rasa minder yang susah gw ceritakan. Like I'm nothing compared to them. Cuma bocah doyan main yang sangat doyan jalan dan memiliki pola hidup yang ngga teratur.
Tapi niat daftar jadi SC ini membulat setelah banyak diskusi sama Siti Halimah yang juga ada di list calon SC. Gw pengen membuat maba-miba yang datang dengan keraguan untuk kuliah disini berubah pikiran dan yakin bahwa inilah tempat paling tepat untuk masa depan mereka. Persis seperti yang gw alami tahun 2008 dulu, datang dengan gamang dan sedikit malu karena 17 temen kelas diterima di negeri semua dan gw satu-satunya di swasta. PDKT yang mengubah mindset gw sampai akhirnya gw memutuskan untuk aktif di BEM sejak Basis Massa 2008 sampai 2011.
Niat ini, adalah murni karena ingin menyempurnakan amanah dan wujud cinta untuk KBM.
Maka terbitlah pengumuman kelolosan rekruitasi SC PDKT 2012, 15 nama ada di dalamnya dan nama gw adalah salah satunya. Maka bersama dengan ke-14 SC lainnya, gw melakukan adaptasi dalam berkali-kali rapat. Bukan hal sulit bagi gw untuk beradaptasi dengan orang-orang baru. Tapi, rasa minder itu belum hilang. Saat tahu gw diterima jadi SC, banyak yang mempertanyakan kesanggupan gw.
  "Eh seriusan Ma lo SC? Itu, kok kerudung lo masih segitu-gitu aja?"
  "Kak Rahma SC? Ntar ngga boleh boncengan loh kak, bisa emang?"
  "Kakak SC? Aaaaah bohoooong~"
  "PDKT? TA kamu gimana dong Ma?"
  "Ckck angkatan tua Maa, 2008, udah ngapain coba masih ikutan begituan."
  "Cieee kakak SC kakak SC, kerudungnya langsung gede cieee.."
  "Wuiiss langsung berubah sejak jadi SC niiih~"
  "Kamu itu tingkat empat, sudah, fokus saja sama TA, ngga usah ikut-ikutan kegiatan yang ngga penting. PDKT keluar aja." yang terakhir ini dari salah satu dosen gw.
Ya, pernyataan-pernyataan itu ditujukan langsung ke gw. Tampak sepele mungkin, tapi, ketika hal sepele bertumpuk dalam satu waktu dan dalam jumlah besar, maka itu menjadi hal besar. 

Gw berkaca dan bertanya, layak ngga ya jadi SC? harusnya SC bisa memberi teladan, tapi bahkan gw sendiri masih bergolak dengan perasaan sendiri. Ini juga yang membuat gw ragu saat harus ngisi Bina Religius (bius) kemarin sore.

23 Juni, kamar kosan, 14.13
Sekarang ngga ada lagi yang namanya minder. Gw bersyukur diberi kesempatan memiliki keluarga baru, dengan 14 orang hebat dengan pengalaman segudang dan 76 OC hebat berkomitmen tinggi. 
Setelah upgrading akbar 21 Juni kemarin, gw jatuh cinta lagi dan kali ini ngga ada kekhawatiran tidak berbalas karena cinta gw ngga bertepuk sebelah tangan. Gw jatuh cinta, pada PDKT.
Perlahan, aturan kerudung ngga jadi masalah buat gw. Pun soal boncengan. Soal harus selalu make rok, alhamdulillah, udah gw mulai sejak Oktober 2011 lalu. Di saat yang sama gw memutuskan untuk ngga join lagi di Capoeira, hahaha, sobek rok gw nanti! But still, love Capoeira like always. Pertama, ada rasa keberatan. Ditambah lagi dengan aturan-aturan DMT yang strict dan aforisme (biasanya dikenal sebagai kode etik) dengan beberapa poin yang memberatkan awalnya. Terpikir, emang dengan pake kerudung gede dan ngga boncengan, profesionalitas jadi meningkat ya? Emang kalo kerudung biasa aja berarti kerjanya ngga bagus dan ngga fokus?

Lalu gw belajar, perlahan. 
Dan dalam proses belajar, seringkali ada paksaan. Seperti saat SD gw diwajibkan shalat 5 waktu, kelas 3 waktu itu, ada proses pemaksaan dari Bapak Ibu waktu itu. Dan dulu gw sering ngibul dengan wudhu-masuk ruang shalat-pake mukena-duduk-ngaku udah shalat, atau cuma ngelipet mukena dan ditaroh di paling atas dan ngaku udah shalat. Tapi masuk kelas 5, gw takut neraka, karena usaha pemahaman Bapak Ibu yang tiada henti, dan gw shalat teratur 5 waktu.

Sama. Kerudung, boncengan, jam malam, semuanya adalah proses gw belajar. Dan ketika gw terlalu banyak mendengar kata orang, proses belajar ini ngga akan lancar karena kata hati gw sendiri tertelan.

Dan empatbelas orang hebat, terima kasih. Kalo Icak pernah nge-broadcast SMS so sweet, gw lewat sini aja ya, ngga cukup kalo SMS mihihi.
SC minus Iti
  1. Arfive Gandhi. Ngga salah pilih Ive yang jadi koor SC. Dengan segala kerendahan hatinya, usulan-usulan gila kita ditampung lalu berujung pada tindakan-tindakan nyata. Dulu gw mengenal Ive sebagai menteri Kominfo BEM 2010 yang sekaligus jadi setan sekre dan selalu garing. But time flies and it teaches you many things that make you as you are right now. Putra terbaik Tegal (rada ngga ikhlas ngetiknya), hanya orang hebat yang bisa memimpin sekumpulan orang hebat, dan itu adalah Ive!
  2. Laila Kurniasari a.k.a Ela, yang pendiam pada awalnya lalu berubah menjadi sangat enak dibully-bully akhir-akhir ini, inget La, bully-bully itu tanda sayang xP . Ela yang ngga pernah keberatan dimintai tolong dan nerimo, jadi salah satu poros penyeimbang kerja SC. Ela yang lucu yang datang dengan tangan terbuka menawarkan bantuan. Banyak orang berubah demi menyesuaikan diri, dan hanya beberapa yang menjadi diri sendiri dengan tetap membuat orang lain nyaman, dan itu adalah Ela!
  3. Rizal M. Firdaus yang lebih dikenal sebagai Rizal Tarmizie, sang pesulap satu-satunya se-SC. Masukan-masukan dan ide-ide yang kadang ngga terpikir selalu muncul dalam nuansa nada tinggi 7 oktaf. But that's just so you! Yang ngga pernah capek menyampaikan segudang usulan dan masukan dan ngga cape ngerjain plus bully-bully orang. Setiap orang memiliki ide, tapi hanya orang terpilih yang mampu menyampaikan setiap idenya, dan itu adalah Rizal!
  4. Yolanda Trinoverly. Nanda yang baik hati dan selalu menebar senyum dan tawa bahagia. Cekatan adalah poin utama, dan hemat adalah poin kedua aturan Nanda. Bendahara yang bijaksana. Setiap dari kita berkesempatan memiliki sahabat baik, dan Nanda sangat tau bagaimana caranya menjadi sahabat baik!
  5. Tri Bagus Wicaksono. Icak, Cak-dad, atau Ny. Rizal, entah harus gimana nanggepin kalo lagi kumat gilanya. Tapi, setiap bantuan kecil dan tanggapan atas tiap candaan bukan tanpa arti. Itu berarti. Walaupun Icak juga sama usilnya suka bully-bully orang dan kemaren gw sampe terbatuk-batuk nge-gap Icak lagi ken*ut tiada akhir di Djuanda, bantuan-bantuan atas tugas-tugas bener-bener meringankan. Setiap dari kita memiliki waktu yang sama, tapi hanya sedikit yang selalu meluangkan waktunya untuk membantu atau sekedar mendengarkan cerita, dan itu adalah Icak!
  6. Dhitya Fajar Prihantara. Kenal sebagai Koord EOS (divisi acara) SHAKTI 2009, dan sekarang dipasangkan dalam duet maut speaker kanan-speaker kiri di ANT (Accommodation and Network Team). Pengalaman segudang dan ngga pernah capek buat ngomong. Ya, ada yang lebih cerewet dibanding gw ternyata haha. Pengalaman bertambah sejalan bergeraknya jarum jam, tapi hanya sedikit yang tanpa lelah berbagi pengalamannya, dan itu adalah Fajar!
  7. Mediterasanti Anindita. Nama ini paling asing dari list calon SC dulu. Bahkan mengingat nama Mediterasanti bukan hal gampang, dan gw mengenalnya sebagai Mediterania pada pertemuan pertama kami. Jabat tangan erat dan kehadiran yang hampir tanpa absen. This woman deserve a platinum appreciation! Dari sekian banyak daftar orang hebat yang gw kagumi, saat ini list itu bertambah satu, dan itu kamu, Med!
  8. Primawan Satrio Bindono, our violinist! Dengan pembawaan bocah, lo tambah bocah karena suka ketawa-ketawa sendiri Im! But ya, that's just make you become more you. Dan mengalah yang ngga berarti kalah, sering dilakukan ketika banyak ide berbenturan. Ketika egoisme pribadi tumbuh dimana-mana, hanya sedikit yang mampu membunuh egoisme pribadinya dengan mengalah, dan itu adalah Iim!
  9. Syafinatul Fitri. Tak kenal kecuali sebagai calon wapresma 2012, dan berkesempatan bertemu dan bekerja bersama adalah salah satu anugerah. Mpit, wanita tangguh yang jiwa sosialnya tiada banding. Think with a cold-minded is just so you. Ketika sibuk atau tidak adalah pilihan, maka sibuk dengan tetap fokus-lah yang kamu pilih, Mpit!
  10. Afdan Zamil. Dulu, to be honest, gw takut sama Jamil, ngga pernah senyum dan sedikit bicara. But as the time goes by, we know you much better. Ngga ada serem-seremnya sama sekali. Pencair suasana yang sekalinya ngomong maka tawa pun pecah selama bermenit-menit kemudian. Yang bisa mengeluarkan jokes super lucu dengan muka datar tanpa ekspresi sama sekali, lalu beberapa detik kemudian tertawa sampe muka merah. Ketika setiap orang bebas berekspresi hingga sulit menentukan sikap tepat dalam suasana tepat, hanya beberapa yang bisa selalu menempatkan diri dengan tepat, dan itu adalah sang Mr Pink, Jamil!
  11. Friska Riauni L. Kenal sebagai komisi DPM yang mengawasi kerja BEM departemen Wirausaha, beliau bukan orang yang baru buat gw. Tapi, kesempatan bekerja bersama ini membuat hal baru terkuak. Tak pernah ada sepatah keluhan terucap, bahkan ketika ada deadline dan tugas yang sama yang membuat kami mengeluh, Friska tetap dengan lembutnya menerima banyak tambahan tugas, tanpa keluhan. Ya, ketika keluhan dengan sangat mudah ditemukan dimana-mana, ada beberapa orang yang tidak pernah mengeluh dan membiarkan orang lain khawatir, dan itu adalah Friska!
  12. Andri Mardi. Semangat membara 24 SKS yang tak tertandingi, dan diamnya yang memikirkan solusi. Ya, Andri yang paling pendiam tapi tak pernah bicara kecuali dengan solusi dan kerja nyata. Banyak yang mangkir ketika diberi amanah, dan hanya sedikit yang bisa melaksanakan tugasnya dengan baik di sela-sela banyaknya amanah, dan itu adalah Andri!
  13. Siti Halimah, sobat It's Yours yang berjuang bersama di BEM sejak 2008. Dengan selalu membara mengajarkan banyak hal, setia tertawa bersama, menangis bersama, berpanasan bersama, tidur bersama. Bantuan dan inspirasi yang tak cukup bila disebutkan. Salah satu orang terbaik yang pernah gw kenal, sahabat layer pertama yang selalu menjadi tempat bercerita. Persaudaraan kita tak boleh terputus oleh apapun. Dan Iti-lah yang meyakinkan gw untuk tidak mundur dari rekruitasi SC, kemudian mengajarkan banyak hal tentang PDKT dan memberi pendapat dari sudut pandang baru. Iti, wanita hebat dari sekian wanita hebat sedunia. Saat kata sahabat hanya ada dalam senang bagi banyak orang, hanya sebagian yang tetap ada dalam masa sulit, dan itu adalah Siti Halimah, S.T.! Love you more and more, mwah <3
  14. Alfi Pangestiawan. Adek bungsu SC PDKT 2012, yang paling bocah tapi selalu datang dengan inovasi dan ide kreatif. Semangat kerja nyata yang teliti ditunjukkan dengan definisi-definisi dari KBBI, walaupun kadang datang kesiangan karena insomnia dan begadang. Orang bilang, umur mempengaruhi tanggung jawab dan komitmen, tapi pun kelahiran 1992 bisa memperlihatkan kerja nyata lebih dari yang lebih tua, dan itu adalah Alfi!



See, bagaimana mungkin gw ngga minder bersanding bersama empat belas orang hebat ini. Tapi terima kasih, kalian perlahan membantu gw belajar sehingga sekarang kita bisa bersinergi seperti ini. Berkesempatan mengenal kalian, menjadikan kalian keluarga baru gw yang selalu menginspirasi, adalah salah satu berkah terbesar. 

Terima kasih! Dua bulan terbentang di depan untuk kita jajaki dalam semangat juang dan dedikasi tertinggi, jangan lelah memberi dan jangan malu menerima.

Dan ya, gw jatuh cinta pada PDKT 2012, dan ini tak lepas dari peran kalian, 14 orang hebat SC PDKT 2012.
6 comments on "Minder yang Berujung Bangga, PDKT 2012"
  1. kunjungan gan,bagi - bagi motivasi
    Hal mudah akan terasa sulit jika yg pertama dipikirkan adalah kata SULIT. Yakinlah bahwa kita memiliki kemampuan dan kekuatan.
    ditunggu kunjungan baliknya yaa :)

    ReplyDelete
  2. Kaka burung hantu... haha...teringat saat perkenalan. :D

    ReplyDelete
  3. mbak Rahma, salam kenaal, aku MIBA IT telkom, fitriana istiqomah, nyari2 soal PDKT 2012 taunya nemu blognya mbak rahma, keren bangget mbak :tup
    aku terharu sama state nya mbak yang ini : " Gw pengen membuat maba-miba yang datang dengan keraguan untuk kuliah disini berubah pikiran dan yakin bahwa inilah tempat paling tepat untuk masa depan mereka."
    jadi pengen ngeliat langsung+kenalan sama mbak Rahma :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9