Bizcamp Challenge Prasetiya Mulya 2012 Part 1

Salam Angsajenius! *gaya salam olahraga ala Ricky Jo*

Jika kau tidak sibuk dalam kebaikan, maka kau tengah sibuk dalam hal yang tidak bermanfaat. Kutipan dari seorang teman. Ya, gw sibuk kemarin, ada yang benar-benar kebaikan, semoga kebaikan, entah kebaikan entah bukan, sampe sibuk sia-sia (sibuk nurutin ngantuk :P )

Hey August is about to come. Time flies so fast that I missed some important news and skipped some things that were supposed to be done. Tapi.. berita baiknya adalah gw lolos karantina 25 besar finalis Bizcamp Challenge Prasetiya Mulya Business School. Cool huh?
Pernah ada cerita nyasar di Jakarta lantaran salah angkot. Sekarang, gw dengan bangga bilang “Ngga ada yang sia-sia, termasuk nyasar salah angkot sekalipun." Rahasia Allah memang tak tertebak, dan rahmat-Nya luasnya di luar jangkauan manusia. Pas nyasar itu, gw baru balik dari psikotest buat ikutan kompetisi Bizcamp Challenge Prasetiya Mulya. Jadi bukan daftar kerja ya kisanak sekalian, boro-boro lah kepikir kerja, sekarang yang gw pikirin adalah gimana caranya ini tugas akhir segera beres. Tapi Bizcamp adalah kisah tersendiri.

Dan ini adalah sebagian kecil dari banyak hal hebat yang terjadi selama Bizcamp seminggu kemarin. Bagian pertama.

Gw tahu event ini dari temen lab yang alhamdulillahnya juga lolos ke karantina, Hinman Jaffar yang biasa gw panggil Kokoh. Waktu itu, gw lagi coding TA di lab saat mendadak dia nanya “Ma, ide bisnis yang bagus apa ya?” karena penasaran, gw tanyalah saat itu, ide bisnis buat apa. Lalu Kokoh bercerita, dan dia dapet informasi ini dari dosen kami ternyata, pak Yuli Adam.  Scenario terindah ternyata sudah disiapkan. Gw yang mendadak antusias langsung buka webnya dan ternyata waktu pendaftaran tinggal beberapa jam lagi. Itu berarti waktu gw untuk ngurus administrasi dan bikin proposal bisnis plan juga cuma sehari dari deadline submission. Gaaahhhh!! >.<

Pada hari psikotest, beberapa hari setelah submission deadline, gw ngga yakin ngisi dengan bener. I thought that test was not succeed sampe akhirnya gw dapet email buat interview dan presentasi proposal gw. What a life! That email perfectly made my day <3  Bikin slide presentasi dengan warna-warni mencolok khas bikinan gw dalam waktu beberapa jam. Saat itu, gw berangkat ke Prasmul kampus Cilandak dengan yakin. Ibu membekali gw dengan telepon hangat semangat dan doa. Berlangsunglah sesi diskusi kelompok, presentasi dan interview. Saat itu, gw ngga bisa jawab apa-apa kalo ditanya “Gimana Mak tesnya?” Gw ngerasa yakin sama jawaban gw, maksud gw, gw merasa sukses pas presentasi dan interview, tapi ngga tau deh jurinya mikir itu sukses apa engga. 

Bener-bener apa adanya.

Gw pulang dan hari-hari berlalu. Gw follow twitternya @prasmul buat update info, dan hari itu, tweet gw dibales saat gw nanya kapan pengumumannya. Hari ini, 17.00 uooooo you couldn’t imagine how my heart beat faster that morning! Dan hari ini bener-bener harap-harap cemas tingkat TA ngga kelar-kelar. Dari tanggal 29, ibu udah telepon mulu nanyain pengumumannya gimana dan itu bikin tambah nervous. 
Doa orang tua, is kind of thing you shouldn’t take for granted.
Berterimakasihlah atas tiap doa orang tua, walaupun itu mereka ucapkan tanpa diminta. Karena doa orang tua adalah senjata terampuh yang kita punya. Dan jangan sampe biasa aja atas tiap doa yang terucap, berterimakasihlah. Gw ngga pernah tahu sampe kapan doa orang tua gw bakal terucap, so do you.

Singkat cerita, gw lolos ke karantina, 25 orang dari 597 pendaftar Bizcamp Challenge 2012 Prasetiya Mulya lokasi tes Jakarta, Surabaya, Jogja, Medan dan Makassar. Merasa sangat beruntung pas baca ada nama gw di daftar finalis yang bakal ikut karantina selama seminggu buat memperebutkan (ceilah) beasiswa S2 MM Prasetiya Mulya. Datang dengan perut lapar karena ngga sempet makan apa-apa, hari itu, Minggu 8 Juli 2012 gw berangkat dari kosan jam 05.30 pagi dan nyampe Prasmul jam 09.00. Super excited!! Seneng tiada terkira………………………..dan lapar tiada tara.

Well kesan pertama gw adalah WOW!! Ada 24 orang hebat yang beberapa bisnisnya udah bener-bener gede, beberapa lainnya punya background akademis yang oke, beberapa sisanya pasti juga hebat, cuma gw aja yang belom tau hebatnya dimana. Mungkin orang lain juga mikir hal yang sama tentang gw, haha, Alhamdulillah dan aamiin semoga bayangan mereka jadi kenyataan di diri gw.

Hari minggu, hari ke-0, diisi dengan perkenalan dan keakraban to the max. 25 orang dibagi dalam 5 kelompok, dan dapatlah gw rekan satu tim yang dari kesan pertama udah asik gila. We named it KISS. Kreatif inovatif smart dan super. Gibran Huzaifah (ITB), Fitria Rizkyka (IPB), Sandro Lubis (STIE Harapan, Medan), Vincent Valerian alias Kucai (UI) dan gw Rahma Djati Kusuma (IT Telkom). Sejak dibentuk kelompok, KISS udah jadi kelompok paling hore, paling rame dan paling hahahihi. Kayanya pembagian kelompok disesuaikan sama karakter hasil psikotest kali yak. Maka ada tim lain, Champion, Winner, Spirit, dan Entrepreneur. Dari nama aja KISS udah paling beda hahaha.

Selama seminggu itu, agenda Bizcampers (sebutan buat para finalis Bizcamp) dapet materi tentang pilar-pilar bisnis,, mulai dari strategic management, marketing, operational, finance, trus ada juga CEO lecture dari salah satu Director Astra Indonesia, pak Angki Tisnadisastra, ada materi dari Head of Marketing Samsung Home Appliances, dan dari pak Zaky Al Hamzal (editor Republika dan salah satu pencetus rubric Kreatipreneur Republika). Yang ngasih materi pun bukan sembarang orang melainkan doctor dan professor, wuiihhh mantep kaga tuh?

Yang paling gw suka adalah company visit. Ada dua kali company visit, ke PT Sierrad Produce (produsen ayam potong sehat dan segar, yang punya Belmart), dan ke 3M. Kenapa gw suka? Karena… souvenirnya banyak! Hahaha, dasar bocah kampung, kalo dapet souvenir girangnya bukan main. Ini juga kenapa pas baru dateng karantina dan ada pembagian ransel, gw seneng banget. Hahaha, to be honest, dapet tas ransel, kaos 5 biji, file folder, majalah banyak, notes, pulpen, plekdis (eh flashdisk maksudnya), sticky notes Prasmul dan sebagai-bagainya, gw seneeeeng!! Gw selalu seneng dapet souvenir. Titik.
Apa sebenernya Bizcamp itu? ya, gw juga selalu kesulitan menjelaskan apa itu bizcamp challenge. Yang jelas, ini adalah kompetisi memperebutkan beasiswa S2 MM Prasmul, sekolah pertama di Indonesia yang ngebuka MBA atau MM.

Awrait, ini baru intro. Semoga gw punya mood nulis lagi, cerita kegilaan-kegilaan, asiknya, capeknya, okenya, bergengsinya, deg-degannya, mindernya, girangnya, dan ajaibnya pengalaman Bizcamp seminggu itu. it was truly amazing one week. Truly inspiring, insightful!
p.s. find me in here: http://www.pmbs.ac.id/bizcamp/

2 comments:

  1. thanks informasinya, seru gile ceritanya :D
    i like it

    ReplyDelete
  2. dan sekarang Bizcamp Challenge 2013 akan masuk masa karantina lagi.. aku pun sebagai orang di balik acaa ini selalu berharap dapat finalis yang superb2 kayak kamu ma :)

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!