Gejolak Bizcamp Day 0

Semalam setelah nulis tentang pick up your happiness, gw mikir, apa arti happiness buat gw. Kinda some creepy lines will come out ya hahaha.

Buat gw, bahagia itu lebih tinggi levelnya dari sekedar seneng. Kalo diibaratkan kaya tangga, happiness itu paling atas, di bawahnya ada seneng, di bawahnya ada ceria. Gw gampang seneng, gampang banget ceria, dan………..apakah gw gampang bahagia juga? Ya! Buat gw, bahagia adalah ketika seluruh organ tubuh lo bersama-sama bergetar, ada emosi yang terlibat, dan wujudnya bisa senyam-senyum sendiri karena lega atau bahkan nangis sakign bahagianya. 

Well, gw ngga akan ngebahas terlalu panjang tentang bahagia. Kali ini yang sebenernya pengen gw ceritakan adalah……………..lanjutan cerita Bizcamp part 1 kemaren. Penasaran? Atau biasa aja? :P

Bizcamp Challenge 2012 Prasetiya Mulya Day 0
Datang dengan lapar luar biasa, gw (bareng koh Hinman tentunya) langsung nyamper ke sekelompok orang yang pada bawa koper, dan beberapa pake polo shirt putih sesuai instruksi yang diinfoin lewat twitter @prasmul. Hari itu, hari minggu, gw kenalan sama Oce (UPI), Fitria (IPB) dan beberapa orang yang gw ngga inget namanya. Ketemu juga sama Pipin (Unv Paramadina) dan Fadjrin (ITB) yang udah kenalan pas interview. Lo tau apa yang gw rasakan waktu itu? Entah kenapa gw yang biasanya melenggang dengan percaya diri mendadak disergap keminderan –plus kelaparan. Masih ngga percaya gw bisa lolos sampe tahap ini, tahap karantina, 25 orang dari 597 pendaftar se-Indonesia. Di lobby utama Prasmul kampus Cilandak, kami ngobrol basa-basi dan masih adaptasi satu sama lain. To be very honest, gw ngga jadi diri sendiri hari itu. Minder, malu, canggung, laper, amazed, semuanya campur jadi satu. Setelah dibagiin bag-tag buat digantung di koper dan tas masing-masing, jam 10 semua peserta disuruh naik ke lantai tiga, ke ruangan deket auditorium. Masih rada ternganga dengan kebersihan kampusnya dibanding kampus gw hahaha. Oh lalu gw mikir, ya iyalah wajar lebih bersih dan terawat fasilitasnya. Pertama, ini kampus S2 yang berarti mahasiswanya udah lebih dewasa dibanding mahasiswa S1 atau D3. Kedua, disini ada executive class yang mahasiswanya pengusaha-pengusaha atau businessman-businessman, wajar kalo fasilitasnya lebih high class. Pun dari sisi kebersihan, bersih abis!! Begitu pipis, langsung ada CS masuk ke toilet buat ngebersihin, kaya di mall-mall. Selain ternyata CSnya nyewa dari third party siih, hehe. Di kampus pada umumnya CSnya kan emang pegawai situ yang –maaf-, kerja bagus atau engga ngga ada beda apresiasi atau gajinya jadi ya jatohnya gw memaklumi lagi kalo di kampus ngga sebersih itu.

di ruang bizcamp

Di ruangan itu, selanjutnya akan gw sebut ruangan bizcamp karena sebagian besar kegiatan bizcamp dilaksanakan disitu, peserta udah diatur tempat duduknya dan gw di depan pojok kanan, sebelahan sama manusia super pendiam dari ITB, Gibran. Hari itu, belom ada materi kecuali kenalan, games, beberapa diinterpiuw MetroTV, dan ada materi dari tamu, pak Zaky Al Hamzah (editor Republika, salah satu pencetus rubric Kreatipreneur). Oh dan ada pembagian kelompok, akan gw ceritakan gimana gejolaknya hihi. Selain itu? Well, nothing much to say but makan siang, makan malam dan coffee break yang menggoda iman diet. Gw nih ya, anak kos Dayeuhkolot, tiap hari makannya paling banter dua kali, biasanya pagi ke warung Sunda malemnya ke warung Padang. Ngga banyak jajan dengan alibi nabung padahal ujungnya tabungan abis terkuras buat belanja atau nonton, dan insaf dari ritual ngopi dengan alibi pengen tidur cepet demi kesehatan. Naaaahhhh…disini, kalap abis. Coffee break plus snacks sehari dua kali. Makan besarnya, minimal ada tujuh macem makanan mulai dari ayam segala rupa –goring ini goring itu-, ayam olahan –nugget dkk-, ikan, kuah-kuahan kaya lodeh, sop, soto, gudeg; sayur semacam capcai, gado-gado, kupat tahu; sapi direndang, diini itu gw ngga paham; kerupuk, nasi, sambel (tiga bahan makanan pokok manusia Indonesia haha). Belom lagi dessertnya, ada buah minimal tiga macem, pudding, trus selalu ada jus atau sari buah, dan es yang lebih berat kaya cendol, kopyor atau es kelapa muda. WOI GIMANA GW NGGA KALAP NGAMBILNYA?? Semuanya gratis lagi. Kaya gitu makan gw selama seminggu hahaha *ketawa bahagia* dan anyway gw nulis ini pas lagi puasa -_- 
coffee break

Selain sesi menggembungkan perut, kegiatan favorit Day 0 adalah pembagian gimmick. Tiap finalis dapet ransel kece yang isinya lima kaos buat dresscode selama acara, notes, flashdisk  4Gb, dan file binder gede yang isinya beberapa newsletter Prasmul, profil kampus dan program MM-nya, trus dapet sticky notes juga. Haha bilang gw norak, monggo. Gw selalu suka banget sama souvenir, jadi ini salah satu bagian favorit gw mihihi.
Di ruang bizcamp, 25 peserta duduk rapi sesuai tempat yang udah diatur panitia. Hm, sampai detik dimana peserta duduk lagi setelah makan siang, tingkat kepedean gw udah turun lagi 11% karena di tiap sesi, semuanya aktif. Semuanya ngacung kalo ada kesempatan nanya. Dinamis banget. Dan ngga sekedar ngacung, finalis-finalis lain bisa banget ngasih opini yang berbobot. Oke gw juga bisa, kadang, kalo pikiran lagi lurus. Masalah hari itu adalah, baru di hari pertama, gw udah rada susah berkonsentrasi hahaha. Lo tau apa yang bikin ngga konsen? Hayooooo tebaaaakkk………

Hahaha, yak dan jawabannya adalah Mars IT Telkom dan Mars PDKT! Ah blame it on Sonia, henpon gw. Disitu gw punya dua lagu itu dan gw puter terus-terusan malam sebelumnya demi kecintaan gw sama almamater dan PDKT, dan alasan lainnya adalah gw merasa lebih semangat dan termotivasi tiap denger dua lagu itu. Ngerasa jadi duta kampus buat bizcamp. Halah. Ngerasa didoain sama semua panitia PDKT yang dengan berat gw tinggalin selama karantina seminggu, dan sedikit mengobati kerinduan pada mereka. Tapi yang terjadi adalah semangat iya memang benar adanya bahwa gw lebih semangat dan termotivasi, tapi di sisi lain, dua lagu itu terus berputar di kepala gw. Makin pengen sejenak gw lupain, makin kenceng ingetnya. Hasyaaahh…

Pas pembagian kelompok, bukan milih sendiri ternyata, tapi dipilihin sama panitia. Jadi, singkat cerita gw sekelompok sama Fitria si talkative dan PD abiisss yang kenalan tadi pagi; si manusia super pendiam Gibran; finalis Medan yang diem banget yang berubah wujud di hari Senin, Sandro (STIE Harapan Medan), dan anak UI yang kesan pertama gw ke dia adalah ini bocah inisiatif banget dan religious abis, Vincent Valerian tapi karena ada dua Vincent dia ngalah dipanggil Kucai. Pas pemilihan nama kelompok, entah kenapa nam KISS langsung kami sepakati. KISS, Kreatif, Inovatif, Smart dan Super. Dan lo tau apa nama kelompok yang lain? Champion, Winner, Entrepreneur, dan Spirit. Oh betapa bedanya nama kelompok gw, dan gw berharap ini pertanda baik. Dari games kelompok, hal yang bisa gw simpulkan, kelompok gw terdiri dari orang-orang yag hampir setipe. Kalo di DISC, orang-orang I ngumpul disini, ya tentu kecuali si manusia pendiam itu. Tampaknya begitu juga dengan kelompok lain, udah disusun komposisinya. Kelompok Champion misalnya, menurut gw, terdiri dari orang-orang yang gigih bekerja dan ambisius –agak beda sama KISS hahaha.
urut: Kucai, Gibran, Sandro, kak Sundary (LO), gw, Fitria, Diana (juara 3 bizcamp tahun lalu)

Selesai acara jam 21.00 dan finalis akan dibawa ke penginapan di belakang Citos. Ngg…….hotelnya…….horor! ah seriusan. Horror. Tapi dalam kondisi banyak yang mengeluhkan kondisi hotel, sikap yang gw pilih akhirnya adalah menjadi batman diantara gerombolan spiderman. Gw (sok)berani jalan di lorong sendirian, naik lift sendirian dan bodohnya ngga bawa hape, dan ke WC sendirian. FYI kamar gw ada di lantai 5. Okelah jackpot banget ini dapet lantai paling atas, mana kamarnya ada di ujung. Lorongnya remang-remang. Hotelnya sepi. Haduh. Tapi Alhamdulillah kamar nyaman syekaliiii~ beberapa cewe ngeluhin kamarnya ngga bersih, ngga bisa tidur karena seprei atau bantalnya kotor, handuknya cuma satu dan udah ngga putih tapi bulukan, ngga kaya gini servis hotel harusnya menurut mereka. Gw? Awam. Mana pernah gw nginep di hotel bagus, hotel murah juga belom pernah, jadi buat gw so far soooo very good. Nemu kasur empuk di master-bedroom, berAC, ada air panas (walaupun katanya ngga oke air panasnya, well gw ngga ngerti itu oke atau engga karena gw awam) itu udah anugerah banget buat badan yang udah hampir remuk redam ini. Entah kenapa rasanya cape. Karena mikir kali ya. Gw tidur tanpa ngeliat apakah sepreinya bersih atau engga, bantalnya bau atau engga, yang gw tau, gw ngantuk, ada kasur empuk di depan gw dan yang harus gw lakukan adalah nemplok ama kasur sampe harus bangun pagi nanti. Pun soal keluhan, karena gw ngga berekspektasi sama sekali, standar yang gw tatapkan adalah kamar kosan yang sempitnya 2,15 meter kali 3 meter, kasurnya sering bikin sakit punggung tapi selalu bisa banget bikin gw tidur lama dan susah dibangunin. Set ekspektasi lo di zero point, maka ngga aka nada kekecewaan yang lo dapet. Walaupun emang rada takjub liat toilet yang ngga ada kran air sama sekali sampe harus pake ember dari kamar mandi. Keluhan temen-temen cewe gw ini normal banget sebenernya buat urusan servis hotel, tapi, gw bukan tipe orang yang sangat bersih, dan peduli sama hal-hal kecil gitu, jadi cuek aja ngga ada keluhan yang terlintas sebelum mereka bilang dan gw akhirnya ngeh.
aula hotel, tempat begadang tiap malam dan sarapan
All I can say on my Bizcamp Day 0 is, gw ngga jadi diri gw sendiri karena masih minder dan adaptasi, but after all it was so much fun and I am sure tomorrow is gonna be very much better, at least lagu mars IT Telkom sama mars PDKT udah ngga terus berputar di kepala gw.

Okay, gw rasa bisa sepanjang proposal tugas akhir kalo gw tulis ampe kelar cerita bizcampnya. Jadi, tunggu update-an selanjutnya ya!

4 comments:

  1. wahh... semangat yah rahma n koh hinman...
    gudluck... :D
    bukan cuma ngewakilin ITT, tp juga ngewakilin nama SI di sana...
    Proud of you... (y)

    ReplyDelete
  2. tetap semangat ka buat bizcampnya :D and don't be afraid to be yourself ..

    ditunggu lanjutan ceritanya hehe
    -AMT-

    ReplyDelete
  3. salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
    Bersabarlah dalam bertindak agar membuahkan hasil yang manis.,.
    ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

    ReplyDelete
  4. Genегаllу I do nоt learn аrticle on blogs, however I ωоuld like to
    say thаt thiѕ write-up very compеlled me to tгy and do so!
    Your ωriting style has bеen surprised me.
    Thank you, very gгeаt article.
    My homepage : winyourexover.com

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!