Usaha Terbentur Ekspektasi

Dimana ada usaha, disitu ada jalan. (pepatah SD)
Tapi jalan macam apa yang tersedia? Belakangan beberapa teman mengeluhkan hal yang sama, satu tipe keluhan. Usaha sudah mencapai level maksimal, tapi hasil tak sesuai harapan. 
Padahal, katanya dimana ada usaha, disitu ada jalan.
Katanya what goes around, comes back around.
Katanya cita-cita harus diperjuangkan, tapi setelah usaha mencapai titik tertinggi kenapa hasilnya belum sesuai ekspektasi?

... Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al Baqarah: 216)

Ini pasti alasan kenapa doa yang orangtua ajarkan harus menyebut untuk meminta yang terbaik, bukan semata meminta apa yang gw mau. Keterbatasan kita dalam mengetahui mana yang baik, mana yang lebih baik, mana yang paling baik, dan mana yang buruk seharusnya menjadi alasan utama untuk tak pernah patah arang. Untuk apa menyesali sesuatu yang (ternyata) berefek buruk?iu
Dimana ada usaha, pasti ada solusi, entah dari jalan usaha itu atau dari jalan lain.
Bahkan, Siti Hajar yang bolak-balik bukit Safa dan Marwah sampai tujuh kali demi mendapatkan air pun justru mendapat air bukan dari kedua bukit itu. Usaha pasti membuahkan solusi, dari jalan yang mana itu misteri.


1 comment:

  1. Setuju banget... keep trying and never lose hope

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!