Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

AKILA on Marketition 2013

Monday, May 20, 2013
Selasa 14 Mei 2013. Gw lagi bertengger cantik di rumah di Purworejo. Baru subuh tadi nyampe stasiun, impulsive pengin pulang karena sakit. Sampai akhirnya hape gw bunyi, ada SMS dari Fitri yang sehari-harinya gw panggil Mpit. “Subhanallaaah guuuys.. We’re to the final round in Prasmul. Let’s sujud syukur and prepare for the next :)  oke… tahan nafas dan… Whoaa! Alhamdulillah! :e :e :e

Jadi ceritanya, gw Mpit dan Iti lagi ikutan lomba, marketing competition yang namanya Marketition. Kenapa bisa sampe gw sekaget itu lolos ke final 15 besar? Karena perjuangan ngirimin marketing plan di detik-detik terakhir sungguh sangat berdarah-darah. Deadline jam 23.59, dan di jam itu kami masih riweuh nge-paste file excel perhitungan duit ke word yang ntah kenapa biasanya bisa jadi mendadak salah mulu. Akhirnya file excel diimport ke pdf dan pdf-nya di-printscreen baru dipaste ke word. Oke lalu selesai. Lalu attach file seukuran hampir 4 mega ke email buat dikirim ke panitia ini pun berdarah-darah. Internet yang biasanya kenceng ntah kenapa attach file kecil gitu pun sepuluh menit belum kelar. Hoh hah. Panic. Akhirnya attachnya pake hape dan kirim juga pake hape Mpit. Emailnya tanpa subject tanpa badan email, bener-bener cuma attachment doang dikirim tanpa basa basi. Saking paniknya. Fyuuh. Telat? Pasti lah! Sekitar jam 00.40 attachment selesai dan email sukses dikirim. Cuma berharap pengurangan poinnya ngga sadis aja, itu harapan terakhir. Oke bisa tidur nyenyak akhirnya :P

Tapi Allah tahu usaha setiap hamba-Nya, ngga ada yang sia-sia. AKILA dikasih kesempatan ke final, nomer 15 dari 15 tim yang masuk final. Hahaha.Dan perjuangan buat final dimulai lagi dengan berdarah-darah. :fire

Jumat 17.30 gw berangkat sama Mpit ke rumah Iti buat persiapan akhir (padahal baru ini ngumpulnya) dan akan berangkat naik travel 04.15 paginya. Acara finalnya hari Sabtu jam 08.15 di Prasetiya Mulya. Maka jadilah gw sama Mpit nginep di rumah Iti. Nah ini nih, berdarah-darahnya dimulai dari perjalanan kosan di Dayeuhkolot ke Sadang Serang (deket TMP Cikutra). Hujan duereeeeesssss :ice Jas ujan cuma ada satu yang bentuknya kaya kelelawar. Akhirnya Mpit pake jas ujan dan gw juga pake biar (tas isi laptop) terlindung aman. Gw? berlindung dengan helm dan jaket tembus air. Banjir di jalan diterjang. Bener-bener kaya bebek abis berenang basahnya. Nah saat hujan itu kan salah satu waktu dimana doa diijabah, maka gw sama Mpit sambil jalan sambil berdoa juga dong. Kami ngga mau melewatkan momen emas ini :$

Gw ngga tahu apa yang Mpit minta dalam doanya sepanjang jalan, tapi isi doa gw kurang lebih memohon supaya Allah  ngasih kami kesempatan pulang enggak dengan tangan kosong, semoga AKILA jadi juara pulang bawa hadiah. Gw yakin Allah melihat semua perjuangan dan kerja keras kami, termasuk menerjang hujan ini, dan ngga ada yang sia-sia semua usaha ini walaupun setitik. Lalu kami melanjutkan perjalanan…

Sabtu, 14 Mei 2013
Wossaaaaah semua tim tampak sangat well prepared. Banyak yang bawa property, banyak yg dresscode timnya super kece sampe niat banget pesen kaos. Kami? Tiga orang dengan baju yang ngga kompak dengan dua supporter yang gaya berpakaiannya entah kenapa ala Vidi Aldiano, Tito dan Icak. :mj
AKILA Team
nametag kami
ini muka sebelum tahu kalo maju pertama, masih cerah ceria
Acara dimulai dengan sambutan-sambutan singkat yang menyemangati, trus dilanjut pengundian nomer presentasi. Dari 15 tim yang lolos final, kami dibagi jadi 5 grup buat battle presentasinya. AKILA ada di grup C. Tadinya udah tenang soalnya gw mengasumsikan bakal tampil ketiga, e taunya diundi. Oke, biarkan bumil yang maju, siapa tau faktor luck-nya gede jadi dapet nomer cakep buat tampil presentasi. Akhirnya Iti ngambil undian dan……….. grup C dapet giliran………. Pertama. Hah! :~ Ada tiga tim di grup C, AKILA, The Victory dari UGM dan Mokave dari Prasmul. Gw sangat ngga berharap tampil pertama. Tapi apa daya *buang nafas* emang Allah pengin kami deg-degannya ngga lama nih makanya dimajuin pertama. :f
detik-detik menjelang presentasi
our lucky number
Dalam setiap hal, selalu dan harus ada yang menjadi pertama. Dan itu kami, AKILA team.
Presentasi berjalan dengan ngg………………… biasa aja. Hahaha. Walaupun kami sangat berharap bisa masuk grand final. Antara siap dan ngga siap jelas, wong pertama ngumpul aja baru semalem. Fyuuh. Tapi banyak banget hal yang gw pelajarin selama seharian disana. Yang gw perhatikan, masing-masing tim punya gaya presentasi sendiri, tapi semua tim dari UGM punya kesamaan. Pertama, semua bawa property.Ini bisa berperan penting dalam presentasi lo kalau memang propertinya mendukung dan nyambung. Bisa video, bisa alat peraga, atau contoh konsep iklannya. Kedua, tim-tim dari UGM tampaknya ada di bawah arahan satu dosen karena tipe presentasinya sama semua. Umumnya, kita presentasi dengan bahasa “biasa” yang komunikatif, don’t we? Tapi mereka menampilkan model presentasi yang berbeda, seolah audience ini penonton iklan, to make it simple, lo bisa bayangin gaya presenter iklan produk DRTV dalam bentuk formal. Seperti itu kurang lebih.
AKILA is on stage wohooo
Ya, referensi cara presentasi gw bertambah. Thank you all finalists!

Gw juga jadi bener-bener paham bahwa ketika lo memahami sesuatu, lo pasti bisa menjelaskannya dengan sangat simple tanpa bahasa yang berbelit-belit. Isn’t that how communication should become? Yang terpenting adalah message yang disampaikan bisa ditangkap oleh lawan bicara. Ada banyak istilah mungkin, dan itu pilihan whether to use it or not. Kalau memang dengan pake istilah audience lo jadi ngga nangkep, ya jangan pake! Walaupun kadang, dengan pake istilah-istilah kita bisa terlihat lebih cerdas dan sangar hahaha. Tapi percuma dong kalo lawan bicara ngga paham maksudnya? Ketika orang IT ngomong sama orang marketing misalnya, jangan pake istilah IT yang ngga lazim. Begitu contoh paling simplenya.
Ketika lo benar-benar memahami sesuatu, lo akan bisa menjelaskannya dengan bahasa paling sederhana yang mudah dipahami. (Einstein)
ini tim juara, yang lagi pegang mic itu Ferdi, juara bizcamp tahun lalu. huh kesel Ferdi lagi yg jadi juara :P
Selanjutnya, dari cara menjawab pertanyaan. It happens, ketika kita berada di depan banyak orang untuk menyampaikan sesuatu, pasti grogi itu ada. Pembicara ulung pun pernah grogi. Grogi itu pasti, tetap tenang itu pilihan, salah satu tweet lama comic Gilang Bhaskara yang sangat gw inget. Maka ketika menjawab pertanyaan, yang harus dilakukan pertama adalah tenang supaya otak bisa berfungsi dengan baik untuk mengakses informasi yang pernah kita tahu. Dengan mengawali “Pertanyaan yang sangat menarik ya, bahwa ……. (review inti pertanyaan)” kita akan punya kesempatan untuk mengumpulkan informasi dengan terstruktur sebagai jawaban. Kemaren, ada finalis yang jawabannya selalu keren, bahkan Iti sampe bilang “Ntah kenapa kalo dia yang jawab, salah bisa jadi bener.” Dia ini juga pemenang Bizcamp Challenge 2012 jadi kurang lebih gw pernah tahu bagaimana dia pas presentasi dan ngejawab pertanyaan. Ini yang harus sangat gw eksplor lagi biar jago jawab pertanyaan mihihi. 8)
tim dari UGM
Oiya di awal ada beberapa sambutan. Sambutan ini terdengar menyenangkan soalnya semuanya singkat, ngga lebih dari dua menitan. Concise and straight to the point, ngga pake kepanjangan intro atau kepanjangan ekor kemana-mana ngga nyambung. Ini bentuk sambutan yang disukai audience, hihi.

Setelah serangkaian acara makan siang dan coffee break  yang menyenangkan dan mengenyangkan *elus perut*, pengumuman pun datang tengtereeeng. Pengumuman tim finalis yang masuk ke grand final. Ternyata punya harapan itu enak, ehm… dibanding tahu hasilnya. Kadang. Karena ketika lo berharap, ada optimisme disana, ada sesuatu yang bikin kita bisa mengeluarkan usaha terbaik di luar batas wajar kita demi mencapai harapan itu. Ini yang pernah gw bilang ke temen gw, mungkin gw lebih suka digantung karena ada harapan disana *oke fokus fokus! Yang gw maksud digantung cem ini, bukan digantung cem yang lain*

Ternyata…… AKILA ngga masuk final. Fyuuuhh..nunggu pengumuman ini sampe tangan gw dingin dan kebelet pipis, karena walaupun gw sadar presentasi tadi biasa aja dan kemungkinan ngga masuk grand final itu sangat besar, ada setitik harapan disana bahwa ada keajaiban, jawaban dari doa ujan-ujanan semalem. :angel
Ada orang yang diuji dengan menang, ada yang diuji dengan belum menjadi pemenang.Ada orang yang diuji dengan bisa menang tanpa usaha keras, ada yang diuji dengan belum menjadi pemenang walaupun usaha sudah sangat keras. Ujian setiap pribadi berbeda, Allah yang Maha Tahu.
why so serious? iyalah, lagi merhatiin yang final!
Kata Iti, nggapapa Ma, berarti Allah punya sesuatu yang lebih baik buat AKILA, dan dengan doa kemaren belum terkabul mungkin ini jadi penghapus sebagian dosa kita. Subhanallah. Bersama orang-orang baik cem Iti dan Mpit bener-bener bikin gw banyak belajar lagi. Banyak temen yang bisa kita punya, tapi temen-temen yang bisa menjadikan kita pribadi lebih baik bener-bener priceless. :h

Panggil Aku Maudy Ayunda, thanks to Agus yang ngasih ini krn kelompoknya kelebihan CD :D
Oke balik ke pengumuman. AKILA ngga masuk dan kami oke-oke aja dengan hal itu hahaha. Setelah semua proses grand final selesai, saatnya bagi bagi doorprize. Karena acara Marketition ini atas kerjasama Prasetiya Mulya sama Trinity Optima Production yang as we all know, adalah salah satu perusahaan label dan manajemen artis di Indonesia, tadi sebelum doorprize kami dibagi-bagi CD gratis. AKILA dapet Afgan, The Bagindas sama TLB. Jangan tanya gw dua terakhir itu kaya apa atau siapa! Gw bener-bener ngga tahu huhuhu. The Bagindas gw cuma tahu C.I.N.T.A reff-nya doang. 
pak Christian Oscar dari Trinity
Pembagian doorprize ini pake sistem tebak lirik tanpa dinyanyikan, jadi MC bacain lirik kaya baca kalimat biasa, tanpa nada. Yang tahu ngacung dan jawab siapa penyanyinya apa judulnya.
Berapa kali ku harus katakan cinta
Berapa lama ku harus menunggumu
Karena ngga ada yang ngacung, gw iseng tanya Tito yang lagi main game di hapenya. Tanpa noleh sama sekali dia jawab “The Bagindas.”, “Judulnya?” “C.I.N.T.A” dan karena masih ngga ada yang ngacung, maka ngacunglah gw. lalu gw jawab dengan lantang “The Bagindas C.I.N.T.A!” dan lo tahu apa yang terjadi? Seisi ruangan tepuk tangan dengan heboh sambil ketawa! Oke! Gw juga geli sendiri jadinya. Dan jatuhlah doorprize pertama ke tangan gw. CD Ungu bertandatangan asli! Towewewewew! :mj

Lalu lirik kedua dibacain sama MC. Ada yang ngacung tapi salah. Gw, Mpit dan Icak sama-sama tahu ini lagu Ungu tapi ngga tahu apa judulnya. Oh ntah ada inspirasi apa, Mpit tiba-tiba angkat tangan dan berhasil menjawab. Wooow hadiah kedua jatuh kembali pada AKILA dan hadiahnya sama, CD Ungu bertandatangan. Towewewewew! :mj

Kuis habis, hadiah ketiga pake undian kupon. Dan nomor yang keluar adalah……. Nomor undian gw! Hwow! Hadiah ketiga jatuh lagi pada AKILA dan hadiahnya masih sama, CD Ungu bertandatangan asli! Towewewewew! :mj

Jadilah kami mendadak terkenal karena ngeborong doorprize yang semuanya CD Ungu bertandatangan! Satu-satu semua dapat nananaaa~ :party

Hadiah terakhir diundi dan keluarlah satu nomor undian yang berhak mendapatkan….. ipod. Yaampun kenapa nomer gw ngga keluar terakhir aja, atau kenapa hadiahnya ngga ipod dulu baru CD Ungu gggrrrrrrr *idung berasap sambil nahan ketawa*

Kami berlima langsung menyimpulkan bahwa doa keujanan kemaren sore terkabul semua, kami pengen pulang ngga dengan tangan kosong dan Allah mengabulkannya. Kami pulang bawa 3 doorprize CD Ungu bertandatangan hahahaha. Ada fans Ungu disini? Minat beli? *eh harusnya si ngga boleh dijual tapi kalo ada yang mau beli boleh lho, harga nego, minat mention twitter aja @rahmadjati :p

Kesimpulan kedua adalah doa kami ngga spesifik, kan cuma minta pulang bawa hadiah, ngga nyebutin pengen hadiah yang mana. Nah!

Sekian oleh-oleh ikutan marketition kemaren, terkhusus untuk manteman SC yang nagih oleh-oleh, haha karena hadiah yang kami dapet cuma CD, oleh-olehnya cerita aja yak.Maafkan kami karena ngga jadi neraktir interjunet (indomi keju telor kornet).Anyway ini lombanya buat S2 MM/MBA dengan komposisi minimal 2 orang mahasiswa MM, yang satu bebas. Dan tampaknya hampir semua tim mahasiswa MM, setahu gw cuma ada dua orang yang masih S1, dan gw salah satunya kekeke.
AKILA and Supporters
thanks to Iti & Tito yang rela direpotin diinepin dan direpotin hihi
Being in a competition can really push you to break your limit. (Rahma Djati, 21) 


2 comments on "AKILA on Marketition 2013"
  1. ada yg bajunya samaan y?
    #kabuuurrrrrr

    ReplyDelete
  2. beuh seru bener :tup saya paling ga bisa dah tuh nyusun marketing plan, apalagi harus sampe maju presentasi, keringet dingin pastinya :O aniwei, dishare dong tentang apa marketing plannya AKILA :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9