#GerakanMenutupAurat: Kakiku Auratku

Bismillah :star
Tulisan ini adalah tulisan bersambung dari serial #GerakanMenutupAurat yang akan gw post disini. 

Umat muslim paham betul kalo Allah menurunkan perintah menutup aurat ngga cuma buat perempuan, tapi juga laki-laki. Berbeda memang batasan yang harus ditutup, tapi pasti adil. Area yang wajib ditutup perempuan jauh lebih luas dibanding laki-laki, yang lalu oleh beberapa orang disebut 'ah ngga adil banget sih, laki aja boleh kebuka-buka, kenapa perempuan engga?' astaghfirullah. Nah, gw akan memulai dari bawah yaitu...... *benerin kerudung* kaki.

Banyak yang anti duluan buat baca tulisan tentang menutup aurat, gw paham rasanya, karena gw pernah kaya gitu juga. "Yaudah siih, gw mau biasa aja, ngga usah fanatik-fanatik amat sama agama.", gitu dulu yang ada di otak gw, otak kebanyakan nonton film India kyaahh, eh sampe sekarang juga masih doyan ding film India hoho. Ngga cuma itu, dulu, gw juga mikir bahwa yang penting sopan dan rapi bajunya, gw ngga mau pake kerudung. Masih mending ga pake kerudung tapi bener daripada pake kerudung tapi ngga bener. Woah astaghfirullah. Itu paham gw sebelum gw dapet hidayah rambut batok :( (baca disini). Sampe akhirnya, alhamdulillah, atas izin Allah, cahaya pemahaman dan keterbukaan hati itu datang. Pelan-pelan, makanya gw bisa menerima. Mungkin kalo dulu disampein dengan frontal, gw bakal pasang tameng duluan ciaaahh! :fire

Mari dimulai dari dasar nutup aurat yang ada di Qur'an surat Al Ahzab ayat 59. Cek deh ^_^ disitu gw tahu kalo ternyata Allah ngasih perintah nutup aurat wanita dengan rapat karena Allah pengin kita, muslimah, lebih gampang dikenalin dan pengin kita lebih terlindung. Sesayang itu Allah sama wanita makanya turun ayat itu. Oooo Allah pengin kita ini terjaga lho, kita aman. Persis kaya orang tua yang ngasih batasan jam malam buat anak gadisnya karena alasan keamanan, itu bukan karena orangtua mau mengekang kesenangan kita, tapi karena mereka kuatir dan sayang sama kita. Pun dengan aturan nutup aurat yang Allah kasih <3

Batesan aurat wanita itu gampangnya kaya mau shalat. Mana yang boleh terbuka pas shalat, itu bukan aurat, sisanya? Yep jelas! Yang boleh kebuka pas shalat cuma telapak tangan dan wajah, berarti dua ini yang boleh tampak di kehidupan sehari-hari kita di depan laki-laki non mahram. Dan yak, kali ini ulasannya adalah tentang kaki hihi.

***
Dulu pas masih sekolah, tiap hari kita pake kaos kaki. Nyaman-nyaman aja kan? Kaos kaki sekolah dipake karena sekolah emang mewajibkan muridnya pake kaos kaki. Nah buat sehari-hari, alasan ngga nyaman berarti ngga masuk akal lah ya? kyaah! :mj

Kaos kaki ini tampak sepele mungkin, tapi yaa gimana; namanya wajib ya wajib. Wajib itu berarti sama harusnya kaya shalat, sama harusnya kaya pake seragam pramuka di hari Jumat lantaran aturan sekolah. Buat awal dan memulai, ambil analogi ini sama sekali ngga salah. Beberapa orang yang curhat sama gw bilang kalo belom siap pake kaos kaki tiap hari karena belom dapet hidayah. Kasus gw dulu pun, gw pake kerudung lebar karena kepaksa aturan ospek, aturan panitia PDKT. Waktu awal-awal itu, hati gw juga belom terbuka untuk berlapang dada menerima kalo "oke ini aturan akan gw lakukan karena ini baik buat gw", no. Gw melaksanakan aturan karena kalo engga, ada sanksinya. Persis kaya berangkat kuliah kepaksa tepat waktu harus lari-lari karena kalo telat akan dapet sanksi dari dosen. Lalu apa yang terjadi setelah itu? Hidayah Allah datang. Ow ya seriously. Gw pake kaos kaki dulu dengan agak kepaksa, baru akhirnya gw sadar betul kenapa gw harus pake kaos kaki dengan hati terbuka. 

 
Gw sama sekali ngga nemu celah keburukan dari pake kaos kaki tiap hari ini. Repot dan gerah? Engga tuh, biasa aja. Kan udah dari TK kita wajib pake kaos kaki. Jadi ngga matching sama baju yang dipake? Pilih dong kaos kaki yang warnanya cakep, item, putih, kuning muda atau krem muda misalnya. Sepanjang kaos kaki ngga transparan, sah-sah aja ko mau warna apa juga.  Oh, dan satu lagi, asal bukan warna kulit. Lha kalo krem? Krem muda ada lhooo, itu kan beda sama warna kulit. Karena kalo sama dengan warna kulit, dikhawatirkan menyerupai kaki juga. Ambil aman saja lah yaa.. Kaya naik motor, kita pasti ngga mau deket-deket mepet sama molen walaupun mungkin nggapapa, tapi kita menjauh karena kekhawatiran, iya kan? Persis, gitu juga dengan warna kaos kaki :)

Eits, kaos kaki ngga sama ama stocking. Dulu gw pakenya kaos kaki stocking yang transparan, lucu gitu jadinya. Kaya kaki pramugari, blah! :f Kaos kaki model ini cepet sobek eniwei :( Dan masih keliatan kaki gw saking tipisnya. Akhirnya gw stop pake kaos kaki ini, karena yaa ngga ada bedanya pake sama engga. Fyuuh~

Efek yang gw rasain setelah satu tahun rutin pake kaos kaki adalah....... Ah, rahasia ding. Hihi. Perempuan pasti bisa ngerasain perubahan di kaki. Jadi ngga belang item karena sebagian ketutup sepatu sebagian engga. Trus lagi, perempuan biasanya bermasalah dengan kaki pecah-pecah. Pernah gw parah-parahnya pas masih ikut capoeira, duh pecah-pecah kakinyaaaaa ruarrrbiazah! Pas udah pensiun beladiri itu pun kaki gw masih pecah-pecah dan kapalan di sana-sini. Ngga butuh krim pelembut telapak kaki, karena solusinya hanya satu yaitu kaos kaki :d Beneran deh, satu tahun genap gw pake kaos kaki secara rutin, kaki gw ngga pernah bermasalah lagi tuh.

Kaki bau? o_O Iya siiih memang, bener banget, kaki jadi bau banget kalo kaos kaki dua minggu ngga diganti padahal dipake tiap hari :~ Kalo ganti tiga hari sekali aja, atau seminggu dua kali deh, masih fine dan sehat aja ko kaki.

Kata dokter Inong, Sp.K.K. kulit perempuan lebih tipis daripada kulit laki-laki, buat ras yang sama sekalipun. Dan kulit wanita ini pigmennya lebih reaktif juga, makanya kalo kepanasan dikit berubahnya cepet. Allah emang paling tahu kebutuhan perempuan, Dia tahu kalo kulit perempuan ini lebih tipis makanya Dia kasih solusi paling tokcer sedunia yaitu kaos kaki :e

Yok pake kaos kaki! :h
Salam hot-hot-pop! :r

5 comments:

  1. Pertama kali pake kaos kaki karena disuruh seseorang, awalnya kepaksa banget pake kaos kaki diliatnya koq aneh ya sepatu kerja cewe dipakein kaos kaki, udah mana jd makin sempit lagi rasanya sepatu! eehh lama-lama koq nyaman, kliatan makin rapih. waktu itu cuma pake kl kerja aja tp kl main atau pergi diluar kerja ga pake kaos kaki karena seringnya pake sendal. berhubung iklim makin panas dan seringnya naik kendaraan bermotor sekarang kemanapun pergi pasti pake kaos kaki saat bersepatu maupun bersandal. ga jadi aneh koq justru malah makin rapih. udah jadi kebiasaan sekarang ngerasa aneh kl ga pake kaos kaki. kaki kaya ditelanjangin,hehe

    ReplyDelete
  2. cewek yg ber kaos kaki itu cantik lho sist

    ReplyDelete
  3. Wah, saya ganti kaos kaki 1 minggu sekali >.<, tp saya pake 2 kaos kaki, 1 khusus di kantor, 1 lagi khusus untuk di jalan (bawa motor)... yg untuk di jalan, biasanya kaos kaki wrn gelap, hitam, coklat tua. Spy ga keliatan kl kotor #halah ttp judulnya males :p

    ReplyDelete
  4. Seneng bgt klo liat cewek pake kaos kaki
    Mdah2n dpt jodoh cewek berjilbab+kaos kaki...amiin

    ReplyDelete
  5. Respect utk teman-teman yg istikomah menjaga auratnya. Semoga mendapat pahala dari Tuhan Yang Maha Esa

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!