Perempuan Itu Wajib Segala Bisa

Bismillah.
"Jaman sekarang mah udah enak, fasilitas udah banyak, teknologi udah canggih. Tapi itu bikin anak jaman sekarang justru manja.", ah pasti pernah denger kalimat semacam itu terlontar dari mulut orang-orang tua kita, atau orang yang lebih tua dari kita. Iya emang siih, kalo dibayangin dulu kuliah belum pake komputer, ngga ada google, naik sepeda atau jalan kaki sampe satu jam, ngga ada laundry atau mesin cuci, luar biasa memang usaha yang dikeluarkan. Nah sekarang?

Fasilitas seringkali bikin kita kurang termotivasi untuk segala bisa. Bapak pernah berkata "Sesuatu kalo bisa dikerjain sendiri, ya kerjain. Jangan mengandalkan orang lain.", dalam konteks bebersih rumah hehe. Padahal, perempuan itu wajib segala bisa. Gw jadi inget dialognya Cinta sama Rangga di AADC sepulang mereka dari cafe pertama kali.
Rangga : Ya tapi bener kan, di rumah semua-mua dikerjain pembantu?
Cinta : Eengga juga.. cuma ya kalo ada pembantu kenapa ngga dikasih kerjaan?
Rangga : Ya kalo bisa dikerjain sendiri kenapa harus minta tolong pembantu?
Cinta : Ya kalo bisa dikerjain pembantu kenapa harus dikerjain sendiri?

Perempuan harus jago naik motor, biar ngga ketergantungan sama suami kalau nanti harus antar jemput anak sekolah, belanja ke pasar, atau mau pergi sendirian. Kalaupun masih single, biar bisa kemana-mana tanpa harus merepotkan orang lain.

Perempuan harus jago nyetir mobil, biar kalau ada kondisi gawat darurat, anak sakit dan harus segera dibawa ke rumah sakit sedangkan suami belum pulang; ngga pake acara bingung dulu atau nunggu taksi.

Perempuan harus jago berenang, biar kalau nungguin anak belajar berenang dan tiba-tiba si anak butuh pertolongan, ibu bisa menjadi orang pertama yang siap dan sigap menolong.

Perempuan harus jago masak, biar keluarga bisa menikmati masakan yang pake cinta, ngga cuma lezat karena faktor resep tapi juga karena faktor keikhlasan memasaknya.

Perempuan harus jago bebersih rumah, biar ngga cuma bisa nyuruh ini itu ke pembantu. Seperti kata Ibu yang ngga mau pake pembantu karena mengurus rumah adalah salah satu ladang amal terbesarnya.

Perempuan harus paham teknologi, biar pemantauan terhadap anak bisa dilakukan langsung, termasuk filter informasi apa aja yang boleh anak terima sesuai usianya.

Perempuan harus paham betul soal agama, biar pendidikan pertama anak yang ada di tangan ibu bisa diberikan dengan sempurna.

Perempuan harus jago dan segala bisa. PR banget memang, gw pun belum jago dan segala bisa. Tapi ngga pernah ada usaha dan niat yang sia-sia, kan?

2 comments:

  1. tambah satu : bisa bela diri juga \m/

    ReplyDelete
  2. :tup
    masih belum terlalu jago masak, gak bisa bawa kendaraan, gak bisa berenang, gak jago beladiri juga.
    terus bisanya apa? ._.
    bisanya ya belajar membisakan yang belum dibisa :))

    hidup wanita super! :D

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!