Hari Gini Doyan Bollywood?

Bismillah :i

Hey weekend, nice to see you again. 

Pernah nonton film India? Pasti yang kebayang adalah adegan nyanyi lipsync sambil nari-nari keliling pohon di bawah hujan dengan puluhan penari yang mendadak muncul, adegan nangis-nangis yang agak lebay dan tokoh utama yang anti-peluru anti-pukul, iya?

Ehm *benerin kerudung* gw adalah penggemar film India, sebutlah Bollywood - Bombay Hollywood- sejak kelas 5 SD. Mulai dari Kuch Kuch Hota Hai yang kemudian mundur ke film-film sebelum itu, Dilwale Dulhania Le Jayenge, Phir Bhi Dil Hai Hindustani, Duplicate, sampai paling ekstrim Mughal e Azam, film produksi 1960 yang dibintangin aktor super senior, Dilip Kumar. Kenapa Mughal e Azam? Karena itu adalah salah satu film yang paling berpengaruh dalam perfilman India, dan karena Shah Rukh Khan begitu mengidolakan Dilip Kumar dan jadiin beliau salah satu referensinya.Sampai sekarang, gw masih sangat sangat doyan nontonin film India, mungkin kalo tahu betapa maniaknya gw sama film India, orang-orang akan heran. Gw doyan semua genre Bollywood, full romance, komedi, sejarah, action pun. Lagu? Ah itu adalah salah satu bagian yang paling favorit dari film India, ketika orang lain yang nonton India nge-skip bagian lagu, gw justru ngulang bagian lagu sampe hapal sendiri.
Mughal-e-Azam, Madhubala dan Dilip Kumar (sumber)
And yes, gw ngga suka film atau drama Korea. Ini soal selera, ngga ada yang salah. Mempermasalahkan selera yang berbeda seperti ribut hanya karena pesanan yang berbeda di restoran pas makan bareng. Lalu apa yang membuat gw begitu doyannya film India sampe hapal dengan sendirinya hampir semua lagu dari film yang pernah gw tonton; atau kenapa sampe gw bahkan hapal sendiri dialog beberapa film yang ditonton sampe puluhan kali?
  1. Shah Rukh Khan. Daya tarik dan magnet utama, Shah Rukh's romance never fail and everyone loves it :P Semua film yang ada Shah Rukh Khan pasti bagus, karena memang udah naksir berat sama orangnya duluan, jadi mau dia main jadi apa aja juga pasti bagus kyaahh :e
    Rahul, Bollywood's Ultimate Romance Hero. Video ini bisa menjawab sedikit rasa penasaran se-mempesona apa akting si Om yang umurnya cuma setahun lebih muda dari Ibuk ini.
  2. Lagu! Di saat orang yang nonton India pengin ngeskip bagian ini, gw justru sangat doyan nontonin video lagunya. Playlist pun seringnya isinya lagu India, current alarm pun lagunya Chennai Express kyaahh <3 Dan memang, lagu film India ngga lepas dari nari-nari, but that makes it even more beautiful <3
    sumber
    sumber
  3. Alur yang gitu-gitu aja? Hey, film India ngga sesempit kisah cinta-cintaan nari di bawah hujan kok, coba tonton Taare Zameen Par, atau kalo doyan kolosal, coba Jodhaa Akbar. Jodhaa Akbar bener-bener memanjakan mata, dengan setingan kerajaan Mughal yang super mewah, warna-warni, saree penghuni harem yang super cantik, dan lagu-lagu yang juga mahal; Ashutosh Gowariker punya! :tup Alurnya emang panjang dan lambat di awal, agak ngebosenin kalo ngga paham ceritanya, konflik kerajaan Mughal jaman Jalalluddin Mohammad Akbar, perebutan wilayah, intrik dalam istana, sampe romance Akbar sama putri Rajputana, Jodhaa. Bersih, ngga ada nari di bawah hujan, adanya tarian sufi kerajaan dan tarian rakyat untuk berterima kasih pada raja.
    sumber
    sumber
  4. Tuan Takur dan inspektur Vijay? Oh come on, itu adalah Bollywood lama, jaman Amitabh Bachchan masih jadi pemain tunggal yang berjaya. Sampai akhirnya Shah Rukh Khan masuk dan meraja, dan muncul film-film baru dengan alternatif cerita. Jaman Amitabh masih jadi pemain tunggal, film India identik dengan pemuda pendiam pemarah yang jatuh cinta, dengan banyak versi variasinya. Sekarang udah cemaceeem!
    Shah Rukh Khan, The King of Bollywood. Dari sini gw tahu seluk beluk perfilman India
Yang nggak bagus juga banyak sih, tapi yang bagus juga buanyaak hehe. Film India sekarang udah kebarat-baratan, dan gw ngga suka yang semacem itu. Lagu, baju, lokasi syuting, banyak yang berkiblat di barat. Buat gw pribadi, saree, setting asli India yang berkarakter, lagu-lagu dengan musik tradisional jauh lebih mempesona, termasuk tarian bharatanatyam yang kadang ada dan super susah katanya. Apalagi dance-dance ala India, huwaaa naksiiirrr!!

Nah sekarang ini, lagi naksir berat sama film terbarunya Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone, Chennai Express. Lagi-lagi, ada sosok Rahul, icon romance Bollywood, kyah gimana ngga naksir coba? Ceritanya tentang Rahul yang mau ngubur abu kakeknya di Rameshwaram sampai akhirnya ketemu Meena di kereta Chennai Express yang ternyata anak ketua gangster di India Selatan. Bukan, ini bukan romance biasa. Ini komedi, ini keren maksimal! Banyak adegan yang bikin ketawa ngakak, banyak bagian yang bikin gigit bibir nahan air mata, dan ada juga bagian yang bikin senyum-senyum sendiri. Seperti biasa, nonton film Shah Rukh Khan selalu bikin gw jatuh cinta.

Di King of Bollywood-nya Anuphama Chopra, Shah Rukh bilang, "Untuk jadi superstar, gw harus diidolakan semua kalangan. Gw harus jadi sosok kekasih idaman buat perempuan, anak baik dan lucu buat setiap ibu-ibu, dan sosok laki-laki yang darinya banyak anak laki-laki terinspirasi. Gw harus seperti itu dalam film yang gw mainkan." Dan iya, totalitasnya luar biasa. Chennai Express salah satu bukti nyatanya, dengan umur yang tak lagi muda, kualitas karya tetap tak boleh dikorbankan. Saking doyannya sama film ini, gw sampe mimpi jadi Meena yang naik kereta sepanjang jalan kenangan bareng Rahul dan dikasih payal segala, endingnya gw nari bharatanatyam which is so impossibru. I know, I know it sounds like nonsense, gw juga ngga paham lagi :e

If you're looking for some Bollywood movies, or reference what movie you should really watch, feel free to ask me ahihihi.
Kalau cinta, perkecualian itu selalu ada.
Gw ngga doyan lagu dangdut, tapi gw doyan lagu India walaupun nadanya sangat dangdut. Gw risih liat film yang pemain cewenya pake baju perutnya kemana-mana alias keliatan udelnya, tapi saree yang dipake aktris India selalu mempesona. Dan Chennai Express, another most favorite Bollywood movie I've ever watched!
sumber
sumber

2 comments:

  1. jadi inget jaman tahun 2007an deh, pulang sekolah acaranya india semua :3

    ReplyDelete
  2. ahhhh sama banget kaya aku, suka nonton indiahe,,kalo zaman dulu suka kumpulin vcd bajakan yang isinya lagu-lagunya aja, terus ikutin tariannya dirumah sama adek sambil nutup pintu saking malunya,,hehehe
    btw aku blm nonton chennai exspress ini,,arrghhhh my SRK pasti ganteng bgt ya

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!