Graduation!

Hai, angsajenius muncul lagi disini! Cling!

Selasa, 20 Mei 2014, bertepatan sama Hari Kebangkitan Nasional alias National Wake Up Day (istilah dari Icuk Simarmata-nya Kos Kosan Gayam), anak-anak SMA se-Indonesia tengah berbahagia karena kemaren adalah pengumuman kelulusan UN. Lagi-lagi harus berbangga sama almamater gw, SMA N 1 Purworejo karena kabarnya untuk prodi IPA menduduki peringkat 3 dan prodi IPS menduduki peringkat 1 se-Jawa Tengah. Applause!

Kemaren pula adek gw semata wayang resmi menjadi alumni SMA tempat Bapak dan si anak sulung, gw, menerima ijazah SMA. Bersemat gelar Muda Ganesha, MG 2014. Luar biasa pasti rasanya, campuran haru, seneng, lega dan sedih karena harus meninggalkan seragam putih abu-abu yang (katanya) paling berwarna. Kegiatan sebelum pengumuman kelulusan buat adek dan gw enam tahun lalu jauh berbeda. Gw adalah penonton yang rajin untuk banyak acara, datang tepat waktu dengan dresscode sesuai ketentuan, menikmati acara dan foto-foto. Sementara kemaren adek ngakunya jadi ketua panitia pensi yang bikin tiap hari pulang malem. Whoa selamat Muhamad Yusuf Hakim, MG 2014! My baby boy is so grown up, proud!

Kelulusan selalu jadi a moment to remember, lulus kuliah, lulus SMA, lulus SMP, lulus SD dan lulus TK. Bedanya momen lulus SD rasanya biasa aja karena gw belum paham arti dan dampaknya. Sedangkan lulus TK isinya nangis sejadi-jadinya karena gw mau dimasukin ke SD deket rumah, SD yang beda sama temen-temen TK. 

Seperti ungkapan di buku dan film Manusia Setengah Salmon, hidup ini penuh dengan perpindahan. Seneng atau engga, terpaksa atau engga, banyak hal harus berubah. Lingkungan, tantangan; ada pekerjaan yang berubah dan ada orang-orang yang datang dan pergi. 

Karena cerita lulus SMA dulu belum punya blog, maka ini adalah sedikit cerita dari sekolah favorit di kabupaten kecil yang sering luput dari peta itu. 

18 teman-teman seperjuangan
Tring! Grup whatsapp kelas masih rame, isinya sebagian besar adalah obrolan geje dan ngecengin si calon manten, Marissa yang bakal mecah telor, jadi orang pertama di aksel angkatan pertama SMA N 1 Purworejo yang menikah. Tiba-tiba kemarin kami diingatkan kembali bahwa tanggal 20 Mei adalah pengumuman kelulusan. Pikiran gw ngga bisa ngga terlempar pada momen yang sama enam tahun lalu.

Dari kos Bu Pram, bersama mbak-mbak kos dan Ratih, roommate-classmate-masuk telat mate, berkostum rok hitam, atasan putih dan dasi hitam kami berjalan dengan hati yang hangat. Kabar kelulusan 100% sudah beredar sebelumnya, no more galaw tinggal dagdigdug khawatir nilainya lulus mepet ><

Prosesi pelepasan siswa kelas XII berjalan sesuai prediksi, merinding, dan penuh air mata. Banyak yang dapet nilai 10 dan maju ke panggung, gw bukan salah satunya :3

the girls
Kata orang masa SMA adalah masa paling bahagia. Ah nggak juga. Kuliah juga ngga kalah bahagia kok. Say it because of the restriction to join ekskul. Gw cuma tahu, SMA banyak banget ngasih pelajaran. Bahwa hidup tak selalu di atas, ada kalanya kita ada di bawah. Bahwa dalam persaingan yang ketat sekalipun, persahabatan tetap di atas segalanya. 

Dear adek-adek MG dan seluruh siswa kelas XII yang baru lulus, setelah ini temen-temen sekelas kalian ngga akan ada di petak ruangan yang sama dengan kalian tiap hari. Ngga ada lagi pelajaran olah raga berebut bola basket dan balapan lari seminggu sekali. Ngga ada lagi ulangan sambil lirik-lirik. Ngga ada lagi jajan soto di kantin tiap istirahat. Lalu setelah itu kalian akan kuliah di tempat yang berbeda. Secepat itu hidup berubah.

Dan ini, sudut-sudut yang gw rindukan, yang sekarang sudah banyak berubah. Ini, sudut-sudut yang menyimpan sejuta cerita.




Selamat adek my baby bolo-bolo hahaha, predikat MG 2014 sudah tersemat. Semoga bulan Mei banyak berita bahagia :*

3 comments:

  1. wah pake gelar ya lulus di SMA lu. hebat bener. hha

    ReplyDelete
  2. foto smansa yang masih hijau2 nya ya... ahahahaha...

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!