Socmed, Kepleset Pamer

Hidup di masa yang dulu pernah digaung-gaungkan dengan nama "Abad millenium" sampe ada serial Panji Manusia Milenium, sejaman sama Saras 008 *ea ketauan anak 90an.

Hidup di masa colokan listrik lebih penting daripada segepok roti (atau kalo ngga doyan roti, yaa tahu bulet lah), dan handphone lebih berharga buat dibawa-bawa daripada dompet. 

Dulu, jaman gw masih SD dan SMP, gw belom kenal internet. Oh I'm telling you, proses kenalnya gw sama internet ini bener-bener memalukan. Waktu SD sejak kelas 5, tiap malem gw produktif nulis diary. Isinya yaaah ngga jauh-jauh dari temen-temen kelas, temen-temen TPA, lomba dan drama ala anak SD semacem Aku Dijebak Saat Main Lompat Tali Karena Sepatuku Disembunyikan Di Balik Pot Depan Kelas Enam. Kekekeke. Pas SD, gw doyan ngeborong gambar dan poster Putri Huan Zhu, Meteor Garden, Sailormoon, Wedding Peach dsb terus dipotong-potong, tempel di buku khusus. Pas SD, gw punya buku yang isinya lirik lagu favorit, puisi-puisi bikinan gw sendiri, dan rumus ramal-ramalan cinta-cintaan yang sangat ngga masuk akal. Beranjak SMP, di saat temen-temen punya hp yang bunyinya bisa kedengeran sampe beberapa ruangan saking nyaringnya nada ringtone monophonic mereka, gw harus puas dengan hp Bapak atau Ibuk yang cuma bisa gw pake kalo malem. Lalu gw rutin beli majalah Gaul demi poster dan update berita AFI Indosiar. Oh God why gw sampe seniat itu :3


The thing is, generasi gw, oh ya silakan dihitung gw lahir pada September 1991, pernah ngerasain dunia tanpa bermacem-macem gadget. Dan pada masa itu, Bapak Ibuk selalu menekankan bahwa pamer bukanlah suatu hal terpuji (and yes, you spotted me for using bahasa PPKN 'terpuji')

And then internet grows on earth, changes almost anything...

Internet, sejalan sama social media yang juga makin menjamur, sekarang udah ngga bisa dilepaskan dari rutinitas harian kita. We all need internet, we all need gadget for the sake of our work, or our relationship with family, friends and loved ones, and so on and on and on and on. Gw sendiri pernah kecanduan friendster, pernah juga kecanduan facebook like you guys all did, pernah doyan banget ngetweet sampe rasanya ada daun jatoh juga pengin ditweet, dan pernah sangat kecanduan blogging. Sekarang ada juga yang namanya Path yang menurut riset angsajenius menunjukkan bahwa sebagian besar orang yang ngepath make sosmed satu itu buat check in lagi dimana, atau foto makan apa, atau abis beli apa, atau lagi ngerasa gimana. So does instagram. Posting tempat bagus yang dikunjungi, makanan lezat yang dibeli, sepatu baru yang lucu-lucu atau as a whole package OOTD alias outfit of the day.

Mungkin memang tergantung niatnya, tapi share semacem itu di social media bener-bener rawan jadi pamer. Setitiik aja, pasti ada rasa pengin dilihat orang lain. Ya kalo engga, ngapain dipost di socmed. Bisa jadi memang menginspirasi, tapi bukan ngga mungkin terselip juga niat pengin dipuji. Oooo socmed semengerikan itu. Gw ngga akan membahas share tentang ibadah di socmed, di sini gw batesin pada share tentang keseharian kita yang sangat mungkin bikin kita jadi pamer. Gw sendiri juga socmed addict, tapi sekarang udah lebih bisa ngerem mana yang boleh dishare mana yang baiknya jangan.

Nah sejalan sama tumbuhnya socmed, gadget juga sama grafik pertumbuhannya. Pengguna meningkat, daya beli masyarakat naik, pilihan teknologi yang ditawarkan makin beragam. Hasilnya adalah manusia-manusia yang ngga bisa jauh dari gadget.

Tertampar banget sama keluhan teman seperjuangan kuliah sekarang, namanya Nisaa (dengan 2 huruf a) yang paling ngga suka sama orang yang sibuk main gadget saat diajak ngobrol. Seolah-olah badan doang yang ada di situ, tapi otak dan fokusnya entah kemana. 

Live your moment! Kalau lagi ada yang ngajak ngobrol di depan mata, kenapa justru sibuk dengan dunia maya? Sepenting dan seurgent apa sih sms/whatsapp yang masuk sampe ngga bisa ditunda barang berapa menit buat ngebales? Dulu pas kita belom kenal smartphone, nyatanya bisa kan beberapa jam tanpa hape, hadir 100% buat ngobrol tanpa interupsi.

So yes, don't let gadget ruin our life! And more importantly, don't let socmed ruin our hereafter life! Yay selamat makan siang :3

how could you live your life to the fullest when you're always too dependent on your gadget?
(koleksi pribadi, 2011)

4 comments:

  1. setuju... 80's and 90's probably the best era for children to grew up naturally :)
    Bagaimana seorang anak mampu berinteraksi secara hangat dan intim dengan hangat yang akhirnya mengasah kemampuan interpersonal saat beranjak dewasa... dan saya lebih memilih ngeblog diban eksis di jejaring sosial

    ReplyDelete
  2. kurang tuh gambarnya, blogspot jg wkwkw

    ReplyDelete
  3. haha tiap ngeshere postingan blog, dan nglakuin sesuatu yang intinya berbau promosi postingan blog gw seringnya senior ngasih nasihat, "niat kamu apa?"
    ujung ujungnya nasihat soal pamer, pengin dipuji, dst berseprot seprot ria, dan pasti gw bakalan ngelesssssss terus. ckckc ana muda :D

    ReplyDelete
  4. makanya tidak bisa disalahkan, kalau saat ini yang mendominasi dunia sosmed adalah para pedagang, karena hanya merekalah yang bisa pamer terus-terusan, soalnya memang banyak yang harus dipamerkan sih (entah barang atau jasanya) hehe... ^__^

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!