If You Want To Be The Best, Baby...


People make choices. Hidup adalah kumpulan keputusan atas pilihan-pilihan yang bebas kita ambil dengan konsekuensinya masing-masing. Ada yang memilih menikah muda, ada yang memilih kuliah sambil bekerja, ada yang memilih menempuh jarak jauh bolak-balik bekerja, ada yang memilih menggunakan fasilitas dari orangtua selagi masih bisa.

Di waktu luang, ada yang memilih berolahraga, ada yang memilih keliling mall, ada yang memilih nongkrong di kafe, ada yang memilih tidur siang, ada yang memilih belajar, ada yang memilih baca buku.

Sehabis subuh, ada yang memilih mengaji dan menghafal Al-Qur'an, ada yang memilih tidur lagi, ada yang memilih menyelesaikan tugas kuliah, ada yang memilih langsung mandi, ada yang memilih mencuci baju, ada yang memilih melanjutkan menonton series.

Di saat perut memberi tanda minta diisi, ada yang memilih makan nasi, ada yang memilih makan buah saja, ada yang memilih makan gorengan, atau cilok, atau siomay, ada yang memilih makan makanan cepat saji, ada yang tak punya pilihan harus makan apa karena tak ada yang bisa dimakannya.


Dalam bergaul, ada yang memilih-milih teman, ada yang memilih mengambil jarak dengan lingkungan. 

Saat kondisi lingkungan atau pergaulan tidak sejalan dengan prinsip, ada yang memilih langsung mengutarakan, ada yang memilih diam karena menghindari perdebatan, ada yang memilih diam di depan namun menggerundel di belakang, ada yang memilih diam namun menangis sesudah shalat karena sakit hati.


1 minute you spent angry is 60 second of happiness you can never get back.

Setiap dari kita tumbuh di lingkungan yang berbeda, dengan didikan orang tua yang berbeda pula. Dengan prinsip hidup yang berbeda, dan prioritas atas hal-hal penting yang juga berbeda. Kebijaksanaan dalam menentukan pilihan dari banyak kemungkinan adalah ujian yang berbuah konsekuensi dan pertanggungjawaban. 

Hargai pilihan orang lain, bukan hak lo untuk menghakimi. Yang kita lihat cuma apa yang tampak, bukan apa yang selama ini dirasakan dan diperjuangkan. So who we are to judge?

If you want to be the best, baby, lo harus berusaha jauh lebih keras dibanding siapapun.

 
Awal bulan ini, ada mimpi lama yang mulai tampak akan kemana muaranya. And yes at first it felt kind of impossible until we work on it. Because if you never ask, the answer will always be no. And if you never try, the result will always be impossible.

P.S. Semua foto diambil dari instagramnya Andra Alodita (@alodita) and thanks kak Andra for being so inspiring as always!

No comments:

Post a Comment

Drop your thoughts here, yea feel free!