Buku: Pak Harto, Sisi-Sisi Yang Terlupakan

Setelah lama ngga ke toko buku, kemaren gw menyempatkan diri ke toko buku langganan sejak pertama kali tokonya buka, Rumah Buku yang ada di Jalan Supratman Bandung. Terakhir ke toko buku emang ke Books & Beyond sih, yang mana segmentasinya emang beda dan ngga ada buku lokal di sana. 

Lalu, apakah yang terjadi? *puter backsound jeng jeng jeng*

Orang bilang bahagia itu sederhana, dan memang benar begitu adanya. Ngelihat hal yang kita suka bisa meningkatkan indeks kebahagiaan, dan buat gw salah satunya adalah buku. Dua jam ngubek-ubek isi toko buku yang ngga lebih gede dari Togamas itu rasanya nyenengiiin! I love every inch of bookstore. Kayanya gw tahu nih resolusi selanjutnya. Yap you got it right, punya toko buku *berdehem.

Nah salah satu buku yang gw beli adalah Soeharto, Sisi-Sisi yang Terlupakan yang ditulis sama salah satu lawyer kenamaan Indonesia, O.C. Kaligis. Kenapa gw beli buku ini padahal gw bukan orang dengan ketertarikan politik? Oh well sebenernya buku ini bukan cerita tentang politik sih. Alasannya adalaaahh......


Sewaktu pak Harto memutuskan mundur dari kursi presiden, tahun 1998, gw masih kelas 1 SD yang artinya otak gw belum cukup umur buat mencerna apa yang terjadi. Setelah itu selama 10 tahun, santer berita kalo mantan orang nomer satu di Indonesia ini diperkarakan, dan gw ngga punya cukup ketertarikan buat nyimak. Tapi yang gw inget, banyak banget hujatan ke beliau, orang yang mimpin Indonesia selama 31 tahun.

Nah berbekal zero expectation, gw beli buku ini dan baru gw baca sampe halaman 50 semalem. Terlepas dari kasus atau apapun yang sebenernya terjadi (yang gw juga ngga tahu), gw pengin berpikir positif terhadap beliau. Apalagi orangnya udah meninggal, seinget gw guru agama SD gw, pak Mufid pernah bilang kalo orang yang udah meninggal ngga boleh diomongin jelek-jeleknya, aibnya. Hahaha orangnya masih hidup pun ngga boleh sih yak :3 Dan buku ini cukup lugas cerita tentang sisi lain dari pak Harto yang ngga banyak diungkap media.

How come?
Yaiyalah O.C. Kaligis kan tim pembela pak Harto sejak 1998 sampe beliau meninggal. Trus bisa banget sih gw bilang "Yaiyalah diceritain bagus-bagusnya, orang pak Harto ini kliennya si pak Otje. Tapiii...kan kan kan, yang paling tahu kondisi kasusnya kan salah satunya ya lawyernya, ya ngga sih?

Gw selalu punya kesempatan buat mikir negatif, karena itu lebih gampang dan sering kali ngga butuh bukti. Misalnya pak Harto kan jadi presiden selama 31 tahun, pasti korupsinya banyak banget, tuh keluarga Cendana aja blablabla etc etc etc. Tapi apa gunanya nurani?

Bukan bukan, gw bukan fans berat beliau. Gw cuma....iya sih beliau ganteng, sampe tuanya aja masih ganteng. Ish fokus Mak! Gw cuma rakyat Indonesia yang pengin berpikir positif dan punya sudut pandang yang positif tentang mantan presiden gw, yang selama 31 tahun majuin Indonesia, dari jaman Bapak Ibuk lahir sampe gw kelas 1 SD. Gw pengin bisa cerita sama anak-anak dan cucu-cucu gw bahwa Indonesia punya bapak pembangunan yang bernama Soeharto, dan untuk itu gw ngga pengin cuma cerita jelek-jeleknya kaya yang digembar-gemborin media.

Di sampul belakangnya tertulis:
"Kalau nanti uang ganti rugi itu diterima, Bapak akan menggunakannya untuk apa?" saya bertanya sambil mengelus hati orang tua itu. "Yang pertama, untuk membayar pajak," kata Pak Harto. Walaupun bicaranya masih perlahan, wajahnya berbinar dan senyumnya cerah. "Lainnya dibagikan melalui kegiatan sosial. Rakyat kita masih banyak yang menderita, jadi harus dibagikan dengan cara yang benar dan tepat sasaran," tambahnya bersemangat.

Nih ada quote cakep yang gw suka.
Untuk apa kekuasaan jika padanya tidak melekat kebijakan? - O.C. Kaligis

2 comments:

  1. Saya malah udah lama ga baca buku, keasyikan kerja sampai sampai lupa membaca akhir akhir ini.

    Thanks for the reminder. Kenapa ga sekalian resensi bukunya aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kak baruuu kemaren sebelum nulis ini aku bw ke cipuceb, eh nongol yang empunya. Actually belom bisa bikin resensi soalnya kemaren baru baca 1/6 bukunya mehehe

      Delete

Drop your thoughts here, yea feel free!