Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Hati Bertitik Hitam

Sunday, June 28, 2015
Waktu gw SMP, Ibuk langganan majalan Intisari. Jaman harganya masih Rp 18.000an dan harga segitu udah berasa mahal, karena uang saku gw cuma Rp 50.000 sebulan. Dari SMP emang gw dikasih uang sakunya per bulan, kata Ibuk supaya gw belajar mengelola keuangan. Sebisa mungkin segitu ngga minta lagi. Kalo mau minta lagi, gw harus menjelaskan panjang lebar seurgent apa dan buat apa kekurangan uang yang gw butuhkan itu. Di majalan Intisari yang dulu Ibuk beli itu, ada satu tulisan yang gw inget betul isinya.

Tentang hati. Cara buat ngontrol kita supaya lebih “bersih” dari ngelakuin hal-hal buruk atau dalam bahasa singkatnya dosa ternyata cukup sederhana. Ambil kertas putih, buat bentuk hati supaya lebih menghayati. Ketika kita mau pergi, selalu bawa spidol item dan kertas bergambar hati tadi. Apa fungsinya? Setiap kali kita ngelakuin hal buruk atau dosa, buat satu titik di dalam gambar hati tadi. Kita bakal lihat bahwa dalam sehari, banyak titik hitam yang kita buat di gambar hati tadi. Begitulah, seandainya dosa itu tampak, hati kita udah kotor dan hitam mungkin karena noda yang kita toreh sendiri tiap harinya.

Gimana caranya tahu itu dosa apa engga, buruk apa engga? Ah perasaan kita tahu kok itu buruk apa engga. Hati kecil kita tahu sesuatu itu buruk dan dosa, tapi kadang kita yang ngga mau tahu dengan terus ngomong sama diri sendiri bahwa “It’s okay, banyak orang yang ngelakuin juga kok so it’s okay.” Kalo kata ustad (yang lagi-lagi gw lupa entah ustad siapa yang pernah bilang gini), dosa itu sesuatu yang kalo kita lakuin kita malu jika orang lain tahu.

Dulu, pada suatu hari imam Syafi’i ngadep ke gurunya dan mengeluhkan hapalan Al-Qur’annya yang berantakan. Yang tadinya hapal, pada ilang. Yang belum dihapal, susah banget nempel. Trus gurunya bilang, “Hindarilah maksiat. Sesungguhnya maksiat itu menghalangi cahaya ilmu.”
Sederhana kok. Mau coba praktekin?




Salam, 

Angsajenius

p.s. gambarnya emang ngga nyambung, itu cuma biar ada gambarnya aja biar ketjeh :3

Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9