Salam Pramuka!

Satyaku ku darmakan
Darmaku ku baktikan

Masih lekat rasanya nyayi hymne Pramuka di lapangan SMP N 8 Purworejo, jadi pratama yang memimpin upacara Pramuka, glosor-glosor ngerjain soal bikin peta lapangan, pioneering sampe tangannya merah lecet-lecet saking semangatnya pegang tali, prat-prit tiup peluit buat ngirim sandi morse yang hapalnya udah di luar kepala, lari-lari ala Pramuka dengan tangan nempel di saku rok, ngapalin pengetahuan umum Pramuka demi menang LCT Pramuka di Kwarda Jateng sampe ijin pelajaran, dan dengan bangga akhirnya punya TKK yang bisa ditempel penuh di lengan sampe nambah ke selempang.

Pramuka namanya, cinta kedua gw di SMP.



Foto di atas diambil pas final LCTP di Semarang, yang alhamdulillah dua grup pa-pi sekolah gw jadi juara pertamanya. Back then, gw adalah bocah super tomboy yang tahan panasan sampe gosong bukan kepalang. Gw paling anti sama cewe yang (waktu itu gw sebut manja) males panasan karena takut item, dikit-dikit nyari tempat neduh, dikit-dikit bilang cape, dikit-dikit bilang 'gamau ah kotor'. Walaupun pelajaran olahraga gw ga pernah berprestasi, tapi di Pramuka gw ngga pernah kehilangan semangat totalitas.

Kenapa?
Karena Pramuka ngelatih gw buat suka tantangan fisik dan mental, kerjasama, dan teamwork yang superrrr. Karena Pramuka banyak seneng-senengnya. Glosoran bikin perkiraan jarak itu seneng-seneng, tangan pegel ngasih kode semaphore yang kalimatnya super panjang itu seneng-seneng, berapi-unggun itu itu seneng-seneng, lari-lari diteriakin bikin angkare itu seneng-seneng, jadi petugas pratama itu seneng-seneng. Semuanya seneng-seneng!

Pramuka gw tinggalkan dengan berat, seberat berat badan gw sekarang dikali dua, pas SMA. Cuma jadi peserta aja, ngga boleh ikut aktif di kepengurusan, mengikis kecintaan yang dipupuk sejak SD kelas 5 ini. Sebabnya? Apalagi kalo bukan kebijakan sekolah yang ngga ngijinin anak aksel ga boleh ikut ekskul fyuh.

Dan hari iniiii, 10 tahun sejak piala itu kami berikan pas upacara hari Senin dengan senyum super lebar ke Pak Kepala Sekolah. Selamat Hari Pramuka! Jayalah Pramuka Indonesia dengan mengajarkan generasi muda yang serba ingin instan ini pelajaran berharga untuk bersabar, untuk bekerjasama, untuk mencintai tantangan fisik daripada tantangan game di gadget, untuk menggembleng rasa percaya diri dan pantang menyerah, untuk memupuk kecintaan pada Indonesia. Melalui Pramuka, semuanya mungkin. 

Salam Pramuka! 

1 comment:

  1. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!