Masih Tega Diam Aja Sama Kabut Asap?

Bismillah.

Negeri kita bener-bener lagi diuji sama Allah. Kebakaran lahan yang berakibat kabut asap di banyak wilayah, sampe indeks udara berbahayanya 12 kali lipat dari batas maksimum. Gw ulangi, dua belas kali lipat. Setersiksa apa itu :( Bayangin lo bikin sayur, seharusnya garemnya cuma 1 sendok ini lo kasih 12 sendok. Ga enak kan? Atau lo bikin teh, mustinya gula cuma 1 sendok ini dikasih 12 sendok. Gak enak kan? Itu baru garem dan gula, yang mana bisa dengan gampang kita taroh aja ga jadi makan/minum, lah ini udara. Udara yang manusia butuhin buat bertahan hidup, yang tadinya Allah kasih cuma-cuma dalam keadaan bersih. Terlaknat mereka yang dengan sengaja merekayasa bencana ini.

Ngomongin kabut asap, gw yang sehari-hari ngidernya di Bandung dan Bogor yaa gini-gini aja, ga ngerasain sesusah apa untuk sekedar menghirup udara di sana. Tapi seenggaknya gw dan rakyat Indonesia lainnya bisa ngebantu to? Inget ngga sama kisah bahwa orang-orang yang udah meninggal, mereka bilang seandainya bisa kembali ke dunia hidup lagi, mereka akan sedekah sebanyak-banyaknya. Kenapa sedekah, bukan puasa atau ibadah lainnya? Karena mereka melihat begitu besar balasan kebaikan yang Allah kasih buat orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, untuk kebaikan. 

Jumlah uang yang kita keluarin dengan enteng buat jajan di sour sally, starbucks, abuba atau makanan lain yang overpriced, bisa jadi perantara penyambung hidup orang yang tengah kena musibah. Kata Aa Gym nih, hidup jangan untuk makan. Toh mau makan seharga 10ribu atau 100ribu juga ujungnya sama, keluarnya sama juga wujudnya. Ga usah pake excuse bergizi untuk dapet makanan overpriced, gizi ama mahal itu dua hal yang berbeda. Lo bisa kok makan bergizi cuma dengan 15ribu atau bisa juga 150ribu, bisa jadi sama kandungan gizinya tapi harganya jauuh beda.

Jangan juga sekali-kali bilang "Aduh gw cuma bisa bantu doa." Doa dibilang cuma? Doa itu minta langsung sama Allah yang menciptakan bumi dan langit, yang mengatur setiap kejadian, yang berkuasa atas segala, yang bisa bikin ga mungkin jadi mungkin dengan begitu mudahnya. Dia bisa segalanya. Doa itu minta langsung sama Pencipta, jadi jangan sekali-kali dibilang cuma. 

Bantu dengan apa yang kita punya, yang kita mampu. Kebaikan sebiji zarrah pun akan Allah kasih balasan kok. Janji Allah ga perlu kita ragukan, janjiNya itu pasti, ga kaya janji manusia yang sering PHP.

Btw tadi gw dapet rekomendasi salah satu tempat donasi, kitabisa.com/bebasasap, donasi dengan kode unik di belakang jumlah yang kita mau, responnya cepet, jelas dan transparan. Enak donasi lewat kitabisa.com karena dia juga mencantumkan target dana yang dia kumpulin dan ada progres yang ditampilkan. Buat yang pengin donasi tapi belum tau lewat mana, monggo bisa lewat kitabisa.com :)

Tadinya gw mau ngecopas tulisan ustad Salim A. Fillah yang baru kemaren gw baca dari buku Ingatlah Untuk Bercermin, baguuuusss dan inspiratif dan bikin gw mikir "Oh iya ya bener juga. Kenapa gw ngga kepikiran selama ini." di bawah tulisan tentang kabut asap di atas. Tapi ternyata gw udah kepalang KZL dan geram sendiri. Next post, promise. It really really really insightful, you all got to read that. Ha!

Terakhir. Di saat ada bencana dan sodara kita kesusahan, coba lihat dari sisi lain. Ini kesempatan yang Allah kasih buat kita untuk bersedekah. Kalo semua orang ga butuh bantuan, ke mana kita membelanjakan harta kita? Cuma buat hore-hore beli baju ama makan? Bung, hidup jauh lebih bermakna dari baju dan makan. Abu Bakar, Ustman bin Affan, Abdurrahman bin Auf adalah tiga dari banyak orang berharta yang ngga segan mengeluarkan hartanya di jalan Allah, untuk kebaikan. Indahnyaa dunia kalo kita bisa meneladani ketiganya :)

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete

Drop your thoughts here, yea feel free!