Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

IIP: Belajar Jadi Manajer Keluarga Handal #NHW6

Sunday, March 05, 2017
Setelah disemangati bu Septi (link), akhirnya motivasi dan semangat gw kembali, ngga lagi datar sedatar kulit dadar gulung. Di minggu ke-6 ini, materi matrikulasi IIP judulnya IBU MANAJER KELUARGA HANDAL. Awal-awal gw nikah, di timeline facebook banyak banget postingan perdebatan mana yang lebih baik antara stay at home mom (SAHM) atau working mom (WM). Masing-masing ngepost dengan opini untuk menggiring publik agar menyetujui premis mereka. Entah waktu itu emang lagi marak atau waktunya aja yang pas kebaca sama gw lantaran baru nikah, entahlah. Tapi intinya, sempet terjadi banyak debat dari postingan semacam itu yang kemudian bikin banyak ibu-ibu baper.

Yang SAHM baper sama WM.
Sementara yang WM kepengin jadi SAHM.
Ah, hidup memang sawang-sinawang (saling pandang memandang, sehingga sering menyebabkan rumput tetangga tampak lebih hijau padahal kali aja itu rumput sintetis 😛)

Nah di materi keenam ini, ditekankan bahwa sejatinya, SAHM ataupun WM sama-sama ibu bekerja. Yang satu kerja di ranah publik, yang satu di ranah domestik.

Buat jadi manajer keluarga yang handal, ibu ngga boleh cuma menjalankan kegiatan sehari-hari yang rutin tanpa perencanaan. Makaa, di NHW6 ini, gw diharuskan bikin daftar berikut.

3 aktivitas yang paling penting buat gw:
  1. Ngurusin suami dan anak
  2. Beresin tesis
  3. Belajar dan upgrade kapasitas sebagai pribadi istri dan ibu

3 aktivitas yang paling ngga penting buat gw:
  1. Window shopping ke olshop
  2. Nonton film India dan Disney Princesses 😟 hiburan siih, tapi kalo udah over memang jadi mengganggu jadwal penting lainnya
  3. Scrolling socmed
Selama ini waktu gw paling banyak dihabiskan buat ngurusin Afiqa si anak kicil, mulai dari mandiin nyuapin mimikin, sampe nemenin main, bacain buku, nemenin Afiqa belajar merangkak yang kadang bikin gw ketiduran di karpet. Ulala! Alhamdulillah penggunaan waktu terbanyak gw udah sesuai dengan prioritas hal penting dalam hidup gw.

BERSAMBUNG.....
Karena gw kudu kejar tayang tesis hari ini buat disetor ke dosbing besok pagi.  
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9