Angsa Jenius

"Jika tidak sibuk dengan kebaikan, berarti kita tengah sibuk dalam keburukan, atau minimal kesia-siaan."

Belajar Maju dan Stop dari Mobil Elektrik

Saturday, November 25, 2017
Weekend kemana kitaaa? Emooollll! 😂



Setelah mudik tiga minggu, menghayati kehidupan di Purworejo yang jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan, minggu lalu gw dan Afiqa kembali ke Bogor. Kembali ke rutinitas bermain kami. Kembali gw harus rajin nyiapin bahan mainan buat home edu Afiqa. Dan sebagai manusia biasa, gw juga kangen sama rutinitas “pengin-jalan-tapi-gatau-kemana-yaudah-makan-enak-aja”, yak dimana lagi kalo bukaaaann....... emol 😂😂




Hari ini keluarga bapak Ghazali malem mingguan di Lippo Ekalokasari, yang lebih sepi dibanding Botani Square ah you olang semua paham kan betapa padetnya Boqer tiap wiken 😷  Dan untuk pertama kalinya Afiqa naik mobil elektrik kaya gini. Tadi yang dinaikin muter sih Lillo, tapi pas udah kelar naik Lillo anaknya minta duduk di mobil-mobilan ini.

Dari naik Lillo didampingi yayah, apa coba yang bisa kita ajarin ke anak? Buanyak! Tapi yang paling jelas adalah konsep jalan dan berhenti.

Tadi ayahnya Afiqa yang pegang kendali setir Lillo, jadi naiknya bisa berhenti kapan aja dan jalan kapan yang dimau. Ketika gw minta berhenti karena mau difoto gw bilang “Yak stop stopppp!” Dan ketika udah selesai foto, gw bilang “Oke jalaan!”

Respon Afiqa? Doi ketawa-tawa sambil lompat-lompat excited karena lihat ada kereta jalan di depannya. Memang gw belom bisa clarify bahwa anak ini nangkep apa yang gw omongin soal jalan dan berhenti, tapi gw yakin dengan beberapa repetisi, anak ini akan sangat paham konsep jalan dan berhenti. Buktinya, kalo Afiqa jalan atau lari-larian trus gw bilang “Afiqa stop 🛑!” kadang Afiqa bakal berhenti, ya kadang tetep aja lanjoooottt jalan atau larinya 😂 Dan ketika dia berdiri lalu gw kasih instruksi untuk jalan, dia bakal jalan.

Artinyaaa pemirsa, anak 16 bulan ini udah paham konsep dirinya sendiri jalan dan berhenti, tapi entah konsep benda lain jalan dan berhenti udah dia pahami atau belum. It’s okay ya sayang, learning takes time. And that’s not so important how long as long as you enjoy the process ❤️

Anyway konsep jalan dan stop ini deket banget sama matematika. Kalau kita paham konsep jalan dan berhenti, logika kita bakal lancar kaya jalan tol weekday tengah malam ketika dapet instruksi penunjuk arah, atau menjadikannya biner 1 0 yang puenting banget buat anak informatika, atau buat tahu pola pake deret bilangan misalnya maju delapan tambah satu maju delapan tambah satu (?). 

Mengikat makna, mengikat ilmu. Selalu ada pelajaran dari tiap kejadian, dan selalu ada sisi matematis dari rentetan kegiatan. Jadi, udah belajar apa hari ini?
Be First to Post Comment !
Post a Comment

Terima kasih sudah membaca! Silakan tinggalkan komentar di bawah ini :)

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9